METODE GRAMATIKA TARJAMAH MAKNA GANDUL DALAM PEMBELAJARAN KITAB KUNING DI PONDOK PESANTREN AL MAHALLI BRAJAN WONOKROMO PLERET BANTUL YOGYAKARTA

Muhammad Syahrul Baihaqi, NIM.: 15420064 (2020) METODE GRAMATIKA TARJAMAH MAKNA GANDUL DALAM PEMBELAJARAN KITAB KUNING DI PONDOK PESANTREN AL MAHALLI BRAJAN WONOKROMO PLERET BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (METODE GRAMATIKA TARJAMAH MAKNA GANDUL DALAM PEMBELAJARAN KITAB KUNING DI PONDOK PESANTREN AL MAHALLI BRAJAN WONOKROMO PLERET BANTUL YOGYAKARTA)
15420064_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (METODE GRAMATIKA TARJAMAH MAKNA GANDUL DALAM PEMBELAJARAN KITAB KUNING DI PONDOK PESANTREN AL MAHALLI BRAJAN WONOKROMO PLERET BANTUL YOGYAKARTA)
15420064_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Metode pembelajaran adalah cara yang digunakan guru untuk menyampaikan pelajaran kepada siswa. Metode pembelajaran bahasa Arab di pesantren tradisional masih mempertahankan kesalafiahannya salah satu caranya dengan menggunakan makna Gandul. Yaitu metode Gramatika-Tarjamah dengan cara memaknai teks bahasa arab ke dalam bahasa Jawa. Metode pembelajaran ini sangat membantu santri untuk menerjemahkan bahasa Arab ke dalam bahasa Jawa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-kualitatif yang bertujuan untuk menjelaskan implementasi metode Gramatika-Tarjamah makna Gandul dalam pembelajaran kitab kuning, serta mendeskripsikan tentang faktor penghambat penerapan metode Gramatika-Tarjamah makna Gandul dalam memahami kitab kuning di Pondok Pesantren Al Mahalli. Adapun objek dalam penelitian ini adalah ustadz dan santri pondok Pesantren Al Mahalli. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokunentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan model analisis data interaktif yang dikembangkan oleh Miles & Huberman, yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penjelasan data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pembelajaran kitab kuning dengan menggunakan makna Gandul diawali dengan ustadz membaca teks arab (kitab kuning) kemudian diterjemahkan kedalam bahasa jawa (pegon) dengan menggunakan makna Gandul, setelah itu ustadz memberikan penjelasan isi kandungan kitab kuning dengan menggunakan bahasa Indonesia maupun Jawa. Pada pembelajaran Sorogan yaitu santri mempersiapkan terlebih dahulu materi yang akan disetorkan pada ustadz/ustadzah yaitu mempelajari materi yang telah disampaikan di Madrasah Diniyah. Faktor penghambat yang dihadapi para asatidz dalam pembelajaran kitab kuning metode makna Gandul yaitu para santri kurang berinteraksi dengan kitab kuning, diluar maupun didalam sekolah, dan para santri baru belum bisa menulis dengan menggunakan aksara pegon, sedangkan faktor penghambat yang dihadapi para santri dalam pembelajaran kitab kuning yaitu dalam hal penulisan aksara menggunakan Arab pegon, hal ini dikarenakan mereka baru masuk di pondok sedangan sebelumnya belum pernah mengenal aksara Arab pegon.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. H. Adzfar Ammar, M.A
Uncontrolled Keywords: Pendidikan bahasa arab, metode pembelajaran
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Asri Yuna Chasanawati
Date Deposited: 07 Jul 2021 09:55
Last Modified: 07 Jul 2021 09:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42640

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum