IMPLIKASI PROGAM LITERASI SEKOLAH TERHADAP PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN YOGYAKARTA

Zumar Aji Saputro, NIM.: 15410148 (2020) IMPLIKASI PROGAM LITERASI SEKOLAH TERHADAP PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLIKASI PROGAM LITERASI SEKOLAH TERHADAP PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN YOGYAKARTA)
15410148_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (17MB) | Preview
[img] Text (IMPLIKASI PROGAM LITERASI SEKOLAH TERHADAP PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN YOGYAKARTA)
15410148_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Program literasi diadakan oleh SMK Muhammadiyah Prambanan setiap hari dengan bentuk literasi membaca Al-Qur’an dan literasi diberikan oleh masing-masing guru mata pelajaran. Kegiatan membaca Al-Quran dilatar belakangi oleh kurangnya membaca al-Qur’an siswa dan bertujuan supaya siswa lebih memahami dan meningkatkan kemampuan membaca kitab suci al-Quran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implikasi program literasi terhadap pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Muhammadiyah Prambanan Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan menggunakan data kualitatif. Metode pengumpulan data yang diguakan dalam penelitian adalah observasi, wawancara dan dokume ntasi. Analisis yang digunakan adalah dengan cara reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian ini adalah (1) Program Literasi dilaksanakan pada hari senin sampai hari jumat selama 15 menit sebelum pelajaran dimulai, diikuti oleh seluruh siswa didampingi oleh guru mata pelajaran yang akan mengajar pada jam pelajaran pertama di masing-masing kelas. Selain kegiatan literasi al-Qur’an diadakan juga kegiatan literasi berupa progam literasi perpustakaan merupakan kegiatan literasi yang dilaksanakan di perpustakaan, siswa belajar memahami buku-buku yang ada diperpustakaan. Progam literasi media juga dilaksanakan, kegiatan ini dilaksanakan menggunakan media mading, papan informasi yang dipasang di sudut-sudut sekolah (2) implikasi program literasi terhadap pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Muhammadiyah Prambanan Yogyakarta. Adanya kegiatan literasi ini dapat memberi peningkatan dalam pembelajaran di kelas khususnya mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Muhammadiyah Prambanan. Yaitu terbukti dengan lebih aktif dan semangat siswa di kelas, siswa mudah memahami materi, dan mendapatkan nilai diatas rata-rata. (3)a.faktor penunjang berupa: tersedianya sarana dan prasarana penunjang,kerjasama dengan pihak kurikulum, sosialisasi, pemberian penghargaan atau reward, dukungan dan keikutsertaan seluruh lingkungan sekolah dan sudah tersedianya pojok baca. b. Faktor penghambat berupa : minat baca siswa yang masih rendah, kemampuan guru yang masih kurang, beban belajar yang banyak, letak perpustakaan yang kurang strategis, dan alokasi waktu untuk literasi yang kurang. penghambat program literasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. H. Rofik, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Metode belajar, Literasi, Pendidikan agama islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Literasi Informasi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Asri Yuna Chasanawati
Date Deposited: 07 Jul 2021 17:01
Last Modified: 07 Jul 2021 17:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42663

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum