ANALISIS IMPLEMENTASI PROGRAM NILAI BUDAYA KERJA KEMENTERIAN AGAMA REPUBLIK INDONESIA TERHADAP KUALITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 3 BANTUL YOGYAKARTA

Zaki Arrazaq, NIM.: 15410129 (2020) ANALISIS IMPLEMENTASI PROGRAM NILAI BUDAYA KERJA KEMENTERIAN AGAMA REPUBLIK INDONESIA TERHADAP KUALITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 3 BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS IMPLEMENTASI PROGRAM NILAI BUDAYA KERJA KEMENTERIAN AGAMA REPUBLIK INDONESIA TERHADAP KUALITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 3 BANTUL YOGYAKARTA)
15410129_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS IMPLEMENTASI PROGRAM NILAI BUDAYA KERJA KEMENTERIAN AGAMA REPUBLIK INDONESIA TERHADAP KUALITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 3 BANTUL YOGYAKARTA)
15410129_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah dalam hierarkis suatu pemerintahan tidak dapat dipisahkan antara satu dengan yang lainnya, berawal dari masalah ketidakberesan budaya kerja di Kemenag RI, yang cenderung monoton dan dirasa tidak lagi memiliki arah tujuan yang ingin dicapai, sehingga diperlukan perubahan yang mendasar. Maka daripada itu, Nilai Budaya Kerja Kementerian Agama Republik Indonesia mengadopsi dan menyempurnakan kembali gagasan “revolusi mental” yang dirasakan dapat menjadi salah satu jurus ampuh yang dapat mengembalikan semangat baru para pegawai di lingkungan Kemenag RI. Sebagai jawaban dari kegelisahan permasalahan diatas untuk mengembalikan kepercayaan diri dimata publik atau masyarakat berbasis ikhlas beramal yang didukung oleh pelayanan prima dari seluruh pegawai, terutama fokus dalam penelitian ini adalah guru, sehingga orang tua dapat merasakan kepuasan dan mempunyai kepercayaan yang tinggi terhadap guru dalam mendidik anak-anaknya. Akan tetapi masih banyak guru PAI yang masih bingung untuk mencontohkan penerapan kepada peserta didik dan masih terdapat beberapa guru PAI yang menyepelekan kode etik guru, suatu hal yang sangat kontras dengan ekspetasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap dan mendeskripsikan secara empiris dan mendalam tentang Analisis Implementasi Program Nilai Budaya Kerja Kementerian Agama Republik Indonesia Terhadap Kualitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Madrasah Aliyah Negeri 3 Bantul Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif. Dengan metode pengumpulan data meliputi metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data mencakup reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), penarikan kesimpulan dan verifikasi (conclusing drawing and verification). Hasil penelitian menunjukkan : (1) Pelaksanaan Program Nilai Budaya Kerja Kementerian Agama Republik Indonesia di Madrasah Aliyah Negeri 3 Bantul Yogyakarta dan Upaya guru PAI dalam Implementasi Program Nilai Budaya Kerja Kementerian Agama Republik Indonesia adalah dengan guru memberikan contoh nyata dari bentuk Integritas, Profesionalitas, Inovasi, Tanggung jawab dan Keteladanan kepada siswa dalam pembelajaran agar dapat terwujud dalam kehidupan sehari-hari. (2) Guru PAI harus dapat menjadi contoh yang baik karena memiliki peran tidak hanya transfer of knowledge atau transfer materi ilmu pengetahuan saja, tetapi yang terpenting adalah merubah sikap agar supaya siswa bersungguh-sungguh dalam belajar dan mengamalkan ilmu agama demi terwujudnya kualitas pembelajaran pendidikan agama Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. H. Rofik, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Budaya kerja, Pendidikan agama islam, Madrasah
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Asri Yuna Chasanawati
Date Deposited: 07 Jul 2021 17:06
Last Modified: 07 Jul 2021 17:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42671

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum