PENGARUH PENDEKATAN INQUIRY BASED SCIENCE EDUCATION (IBSE) TERHADAP MODEL MENTAL SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA

Rina Dwi Wijayanti, NIM.: 14670007 (2020) PENGARUH PENDEKATAN INQUIRY BASED SCIENCE EDUCATION (IBSE) TERHADAP MODEL MENTAL SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENDEKATAN INQUIRY BASED SCIENCE EDUCATION (IBSE) TERHADAP MODEL MENTAL SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA)
14670007_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENDEKATAN INQUIRY BASED SCIENCE EDUCATION (IBSE) TERHADAP MODEL MENTAL SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA)
14670007_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Rendahnya nilai belajar kimia peserta didik pada materi hidrolisis dan larutan penyangga menunjukkan terjadinya kesulitan dalam belajar. Miskonsepsi siswa pada larutan penyangga yaitu guru kurang mengajarkan level submikroskopik pada siswa. Sehingga ketika siswa diberi pertanyaan tentang sifatsifat larutan penyangga siswa kurang dapat menghubungkan antara apa yang terjadi pada skala sub-mikroskopik, makroskopik dan simbolik. oleh karena itu peneliti, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan Inquiry Based Science Education (IBSE) dalam menumbuhkan model mental pada materi larutan penyangga. Penelitian ini merupakan penelitian quasi Eksperimen (eksperimen semu) dengan pretest-posttest design. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah non quivalent control group design atau the non equivalent pretest posttest design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 6 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan pendekatan Inquiry Based Science Education (IBSE) terhadap model mental. Hal ini dibuktikan dengan nilai sig (2-tailed) dari uji independent sample t-test lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,003.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Karmanto S. Si. M.Sc
Uncontrolled Keywords: Metode belajar, Larutan kimia
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris - Biologi, B. Inggris, Kimia, Matematika, Fisika (S1)
Depositing User: Asri Yuna Chasanawati
Date Deposited: 07 Jul 2021 17:08
Last Modified: 07 Jul 2021 17:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42674

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum