PERAN GURU DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER PESERTA DIDIK MELALUI PENDIDIKAN SEKOLAH RAMAH ANAK KELAS V DI SD NEGERI 2 SRIBIT DELANGGU KLATEN TAHUN AJARAN 2019/2020

Fairuz Zuhri, NIM.: 14480094 (2020) PERAN GURU DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER PESERTA DIDIK MELALUI PENDIDIKAN SEKOLAH RAMAH ANAK KELAS V DI SD NEGERI 2 SRIBIT DELANGGU KLATEN TAHUN AJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN GURU DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER PESERTA DIDIK MELALUI PENDIDIKAN SEKOLAH RAMAH ANAK KELAS V DI SD NEGERI 2 SRIBIT DELANGGU KLATEN TAHUN AJARAN 2019/2020)
14480094_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PERAN GURU DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER PESERTA DIDIK MELALUI PENDIDIKAN SEKOLAH RAMAH ANAK KELAS V DI SD NEGERI 2 SRIBIT DELANGGU KLATEN TAHUN AJARAN 2019/2020)
14480094_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pendidikan karakter sebagai salah satu upaya dalam mewujudkan pembangunan karakter di Indonesia perlu ditanamkan pada setiap lembaga pendidikan. Hal tersebut ditujukan untuk menghadapi krisis moral yang terus menerus merusak bangsa serta untuk mewujudkan tujuan nasional pendidikan. Oleh karena itu, dalam mewujudkan karakter yang baik diperlukan penanaman karakter melalui pembiasaan positif untuk mendorong pada hal yang positif. Penelitian ini bertujuan untuk pertama, mengetahui peran guru dalam mengembangkan karakter baik pada peserta didik di SD Negeri 2 Sribit. Kedua, mengetahui faktor penghambat dan pendukung guru dalam mengembangkan dan menanamkan karakter baik melalui pendidikan ramah anak di SD Negeri 2 Sribit. Upaya pembenahan karakter peserta didik dilakukan melalui pendidikan ramah anak tersebut diantaranya menyikapi peserta didik yang melanggar tata tertib guru menanggapinya dengan tanpa kekerasan dan diskriminasi kepada peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, karena penelitian ini memberikan gambaran secara alami tentang permasalahan yang ada melalui analisis terhadap keadaan yang sebenarnya yaitu mengenai peran guru dalam mengembangkan karakter baik peserta didik di SD Negeri 2 Sribit baik pada proses atau metode yang dilakukan guru, dan keberhasilan penanaman karakter yang diharapkan guru dan faktor penghambat dan pendukungnya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Untuk analisis data dilakukan dengan data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), dan conclusion drawing/verification (penarikan kesimpulan). Sedangkan untuk uji keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan perkembangan penanaman karakter peserta didik melalui pendidikan ramah anak meliputi: 1) Peran guru di sekolah; 2) proses penanaman karakter dengan menggunakan metode keteladanan, metode pembiasaan, metode teguran/nasihat, metode hukuman. Sedangkan faktor penghambat tersebsar sejauh ini adalah pengaruh pergaulan di lingkungan tempat tinggal, kurangnya kerja sama antara guru dan orang tua dan pengaruh penggunaan gadget. Prosedur penelitian tahap-tahapnya, yaitu: 1. Tahap Pralapangan, 2. Tahap Kegiatan Lapangan, dan 3. Tahap Pasca-lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Nur Hidayat, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Guru, Pendidikan dasar
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Asri Yuna Chasanawati
Date Deposited: 07 Jul 2021 17:10
Last Modified: 07 Jul 2021 17:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42676

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum