PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS RISET BIOMONITORING DALAM MATERI EKOSISTEM UNTUK PESERTA DIDIK SMA/MA

Restin Ambangsih, NIM.: 16680027 (2020) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS RISET BIOMONITORING DALAM MATERI EKOSISTEM UNTUK PESERTA DIDIK SMA/MA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS RISET BIOMONITORING DALAM MATERI EKOSISTEM UNTUK PESERTA DIDIK SMA/MA)
16680027_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS RISET BIOMONITORING DALAM MATERI EKOSISTEM UNTUK PESERTA DIDIK SMA/MA)
16680027_BAB II_S.D_SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengembangan perangkat pembelajaran biologi berbasis riset biomonitoring dan mengetahui kualitas perangkat pembelajaran berbasis riset biomonitoring yang telah dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian R&D dengan model pengembangan mengadaptasi model 4D Thiagarajan yang terdiri dari define, design, develop dan disseminate. Penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap develop. Instrumen penelitian berupa lembar penilaian kualitas perangkat pembelajaran, angket keterlaksanaan RPP dan angket respon peserta didik dalam bentuk check list. Perangkat ini dinilai oleh 2 guru biologi, 3 dosen ahli, 2 peer reviewer dan di uji coba pada siswa kelas X MIPA sejumlah 22 siswa. Perangkat yang dikembangkan adalah Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dan Evaluasi Hasil Belajar. Berdasar hasil penelitian, validitas silabus rata-rata 3,32 dengan kategori sangat valid. Validitas RPP rata-rata 3,43 dengan kategori sangat valid, validitas LKPD rata-rata 3,38 dengan kategori sangat valid, sedangkan validitas evaluasi hasil belajar rata-rata 3,22 dengan kategori valid. Data hasil keterlaksanaan RPP menunjukkan skor rata-rata 3,08 dengan kategori tinggi dan mendapatkan respon positif peserta didik yang ditunjukkan nilai rata-rata respon 2,87. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis riset biomonitoring yang dikembangkan memenuhi kualitas valid dan praktis yang ditunjukkan oleh nilai validitas 3,34 (sangat valid) dan nilai kepraktisan 2,98 (tinggi).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Annisa Firanti.S.Pd.Si.M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran, Ekosistem
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Asri Yuna Chasanawati
Date Deposited: 07 Jul 2021 17:13
Last Modified: 07 Jul 2021 17:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42682

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum