PENGEMBANGAN BUKU TEKS BERMUATAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA MATERI GUGUS FUNGSI

Ismiatun, NIM.: 16670034 (2020) PENGEMBANGAN BUKU TEKS BERMUATAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA MATERI GUGUS FUNGSI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN BUKU TEKS BERMUATAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA MATERI GUGUS FUNGSI)
16670034_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN BUKU TEKS BERMUATAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA MATERI GUGUS FUNGSI)
16670034_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Critical thinking atau berpikir kritis merupakan salah satu fokus keahlian bidang pendidikan pada pembelajaran era revolusi 4.0, yang termasuk bagian dari kemampuan berpikir tingkat tinggi atau Higher Order Thinking Skills (HOTS). HOTS diharapkan dapat meningkatkan level berpikir peserta didik untuk mengoptimalkan kemampuan yang dimiliki. Kemampuan menyelesaikan soal tipe HOTS diyakini dapat menjadi tolak ukur level berpikir peserta didik. Gugus fungsi sebagai materi dasar dengan cakupan materi yang luas, sering dianggap sulit oleh peserta didik. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku teks bermuatan Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada materi gugus fungsi dan menganalisis kualitas produk berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, guru kimia dan respon peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri atas tahap Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Namun pada penelitian ini dibatasi sampai tahap Development saja. Kualitas produk dinilai oleh satu ahli materi, satu ahli media, empat reviewer (guru kimia SMA/MA) dan direspon oleh sepuluh peserta didik setelah sebelumnya produk divalidasi oleh dosen pembimbing serta tiga peer reviewer. Penilaian kualitas dilakukan dengan metode expert judgment yaitu produk dinilai oleh ahli yang sesuai dengan bidangnya. Penilaian kualitas dilakukan dengan menggunakan lembar angket skala Likert, sedangkan respon peserta didik menggunakan skala Guttman. Produk hasil pengembangan yang telah divalidasi merupakan media cetak berukuran B5 berisi materi gugus fungsi yang memuat soal-soal dengan karakteristik HOTS dan dilengkapi dengan pembahasan pada setiap soalnya. Persentase hasil penilaian oleh ahli materi sebesar 90% dengan kategori kualitas sangat baik (SB), penilaian ahli media termasuk dalam kategori sangat baik (SB) dengan persentase 100%, dan kualitas penilaian produk oleh guru kimia SMA/MA adalah sangat baik dengan persentase keidealan 86,87%. Buku ini mendapat respon dari peserta didik dengan persentase 93%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Agus Kamaludin, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kimia, Buku pelajaran
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris - Biologi, B. Inggris, Kimia, Matematika, Fisika (S1)
Depositing User: Asri Yuna Chasanawati
Date Deposited: 07 Jul 2021 17:22
Last Modified: 07 Jul 2021 17:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42703

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum