INTERNALISASI NILAI ISLAM MELALUI SENI BUDAYA DI PONDOK PESANTREN KALIOPAK (Desa Srimulyo, Kecamatan Piyungan, Kabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta)

TIA HERLINA, NIM.: 16720009 (2020) INTERNALISASI NILAI ISLAM MELALUI SENI BUDAYA DI PONDOK PESANTREN KALIOPAK (Desa Srimulyo, Kecamatan Piyungan, Kabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (INTERNALISASI NILAI ISLAM MELALUI SENI BUDAYA DI PONDOK PESANTREN KALIOPAK (Desa Srimulyo, Kecamatan Piyungan, Kabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta))
16720009_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (INTERNALISASI NILAI ISLAM MELALUI SENI BUDAYA DI PONDOK PESANTREN KALIOPAK (Desa Srimulyo, Kecamatan Piyungan, Kabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta))
16720009_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Pondok pesantren merupakan Lembaga Pendidikan tertua di Indonesia. Hal tersebut dibuktikan dengan pendirian beberapa pondok pesantren pada abad ke-15 oleh wali songo salah satunya adalah Pondok Pesantren Gelogah Arum yang didirikanoleh Raden Fatah. Pada awal penyebaran islam, para wali menggunakan media seni budaya sebagai alat untuk menarik masyarakat. Seperti Sunan Kalijaga yang menggunakan media wayang, hingga pada saat itulah islam lekat dengan seni budaya. Namun seiring berjalannya waktu, islam khusunya pesantren seakan terpisah dengan seni budaya itu sendiri. Hal tersebut disebabakan oleh beberapa faktor salah satunya keterputusan hubungan antara pesantren dan keraton sebagai pemegang wewenang. Selain itu masuknya gerakan islam transnasional juga semakin memperparah keadaan Hal tersebut terjadi sampai sekarang bahwa seni budaya dianggap terpisah dengan islam. Atas dasar hal tersebut Pondok Pesantren Kaliopak hadir dengan membawa misi melesatarikan budaya sekaligus menyampaikan nilai islam melalui seni budaya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dimana penulis mengumpulkan, mendeskripsikan dan menceritakan hasil penelitian. Teknik pegumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana proses Internalisasi nilai islam melalui seni dan budaya di Pondok Pesantren Kaliopak. Adapun teori yang digunakan yaitu Integrasi Interkoneksi Amin Abdullah dan Konstruksi sosial Peter L.Berger dan Thomas Luckman. Teori tersebut digunakan untuk menganalisis hasil penelitian yang ditemukan di lapangan. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai islam yang terinternalisasi adalah nilai kemanusiaan yang kemudian dikerucutkan menjadi nilai tasawuf dan tauhid. Hal tersebut dilakukan melalui banyak media salah satunya Wayang, Sholawat Emprak, Keroncong Sholawat, dan Ngaji Dewa Ruci. Hubungan tersebutlah yang dilihat oleh Integrasi Interkoneksi bahwa ajaran agama mampu berhubungan dengan seni budaya. Kemudian dari analisis teori konstruksi sosial Peter L.Berger dapat diketahui bahwa sebelum proses internalisasi terjadi akan melalui tahapan penting sebelumnya. Berawal santri mencurhakan diri di Pondok pesantren Kaliopak secara terus menerus, ini merupakan awal adaptasi santri dengan lingkungan sosialnya. Kemudian berlanjut pada proses interaksi nilai baru di Pondok Pesantren dengan nilai lama yang santri bawa, disusul dengan kesadaran bahwa ada nilai islam di balik seni dan budaya. Terakhir adalah internalisasi atau pemaknaan disini terjadi peresapan makna dari seni dan budaya di Pondok pesantren Kaliopak yang kemudian santri identik dengan Pondok Pesantren Kaliopak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing Agus Saputro, S.Sos.,M.Si
Uncontrolled Keywords: Pondok Pesantren, Internalisasi, seni budaya, nilai islam
Subjects: Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User: H. Latief, SIP
Date Deposited: 08 Jul 2021 07:42
Last Modified: 08 Jul 2021 07:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42721

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum