SRI PUJILESTARI AMBARWATI - NIM. 05460016 , (2010) OPTIMALISASI “CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING” (CTL) PADA ASAS MODELING DENGAN MEDIA BERBASIS LINGKUNGAN (Studi Kasus Penggunaan Video Pembelajaran Fisika di SMA Negeri 1 Sewon, Bantul). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
|
Text (OPTIMALISASI “CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING” (CTL) PADA ASAS MODELING DENGAN MEDIA BERBASIS LINGKUNGAN (Studi Kasus Penggunaan Video Pembelajaran Fisika di SMA Negeri 1 Sewon, Bantul))
BAB I,V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
Text (OPTIMALISASI “CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING” (CTL) PADA ASAS MODELING DENGAN MEDIA BERBASIS LINGKUNGAN (Studi Kasus Penggunaan Video Pembelajaran Fisika di SMA Negeri 1 Sewon, Bantul))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (449kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan pembelajaran, meningkatkan aktifitas dalam proses pembelajaran, dan untuk meningkatkan prestasi belajar fisika siswa kelas X SMA Negeri 1 Sewon, Bantul dengan pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang meliputi proses perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Sewon, Bantul pada tahun ajaran 2009/2010 dengan materi Gerak Lurus. Data penelitian dikumpulkan dengan soal pre-test, post-test, pedoman observasi, pedoman wawancara, dan angket yang dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilaksankan dengan tiga siklus. Kesimpulan penelitian ini: (1) pembelajaran fisika siswa dapat optimal dengan CTL (Contextual Teaching and Learning) dimana persentase tanggapan positif siswa sebesar 90%; (2) terjadi peningkatan aktifitas siswa dengan persentase pada siklus I sebesar 63,12%, siklus II sebesar 80,22%, dan pada siklus III sebesar 86,37%; (3) terjadi peningkatan prestasi siswa pada ranah kognitif dengan rata-rata pada siklus I sebesar 52,10, pada siklus II sebesar 82,45, dan pada siklus III sebesar 84,90; peningkatan ranah afektif siswa dengan rata-rata persentase keterlibatan seluruh siswa pada seluruh aspek dalam kelas pada siklus I sebesar 53,53%, siklus II sebesar 75,14% , dan siklus III sebesar 89,43%; peningkatan ranah psikomotorik siswa dengan rata-rata persentase keterlibatan seluruh siswa pada seluruh aspek untuk siklus I sebesar 81,37%, siklus II sebesar 91,43%, dan siklus III sebesar 100%.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information / Supervisor: | Pembimbing: 1. Drs. Murtono, M.Si. 2. Mohammad Pribadi, M. Pd. |
Uncontrolled Keywords: | CTL, modeling, media, aktifitas dan prestasi. |
Subjects: | Fisika |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1) |
Depositing User: | Edi Prasetya [edi_hoki] |
Date Deposited: | 06 Sep 2012 18:39 |
Last Modified: | 01 Feb 2016 13:29 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4273 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
View Item |