PERAN OPERASIONAL MANAJER DALAM MEMBENTUK KARAKTER KEPEMIMPINAN KARYAWAN DI PARAGON POOL AND CAFE YOGYAKARTA

Idris, NIM 13230024 (2020) PERAN OPERASIONAL MANAJER DALAM MEMBENTUK KARAKTER KEPEMIMPINAN KARYAWAN DI PARAGON POOL AND CAFE YOGYAKARTA. Skripsi thesis, FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI.

[img]
Preview
Text (PERAN OPERASIONAL MANAJER DALAM MEMBENTUK KARAKTER KEPEMIMPINAN KARYAWAN DI PARAGON POOL AND CAFE YOGYAKARTA)
13230024_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PERAN OPERASIONAL MANAJER DALAM MEMBENTUK KARAKTER KEPEMIMPINAN KARYAWAN DI PARAGON POOL AND CAFE YOGYAKARTA)
13230024_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Perusahaan ialah sebuah unit kegiatan produksi yang mengolah sumber daya untuk memproduksi barang dan jasa bagi masyarakat. Upaya untuk menghasilkan barang atau jasa yang kompetitif, Operasional Manajer sangat berperan penting dan bertanggung jawab khususnya dalam membentuk karakter para karyawannya. Setiap karyawan sedikitnya merupakan pemimpin bagi pekerjaannya, yang harus dikerjakan secara disiplin dan bertanggung jawab, efektif, dan efisien. Sehingga karyawan menjadi pribadi yang bekerja secara profesional sebagaimana tercantum dalam Standar Operasional Prosedur (SOP) yang ada. Paragon Pool & Cafe merupakan perusahaan yang bergerak dibidang pelayanan dan jasa. Di perusahaan ini pula, setiap karyawan dituntut untuk memilik jiwa kepemimpinan, baik dalam pekerjaan individu ataupun Tim. Selain itu, setiap karyawan memiliki peluang untuk naik pangkat sesuai bidangnya masing-masing. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab 1) Bagaimana peran Operasional Manajer dalam membentuk karakter karyawan 2) Apa saja karakter kepemimpinan yang ditanamkan Operasional Manajer terhadap karyawan. Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif kualitatif. Subyek dan obyek penelitian ini mencakup seluruh karyawan khususnya manajemen operasional dan member aktif perusahaan. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara observasi, dokumentasi, wawancara dan pengalaman peneliti selama menjadi bagian di perusahaan “Paragon Pool & Cafe”. Tekhnik validitas data ialah berdasarkan kreteria peneliti dalam setting dan trianggulasi. Hasil penelitian ini menggambarkan sifat keterbukaan Operasional Manajer (OM) dalam membentuk karakter kepemimpinan karyawan, dengan cara melibatkan karyawan kedalam aktifitas peranannya. Kemudian menggunakan prinsip 3S (senyum, salam, sapa), yang Operasional Manajer (OM) edukasikan dan implementasikan pula kedalam suasana kehidupan karyawan sehari-hari. melalui praktek contoh nilai-nilai yang baik ialah nilai kebersamaan, toleransi, kemandirian dan kesopanan, yang pada akhir karyawan tidak hanya semata-mata bekerja mendapatkan uang, melainkan juga tumbuh karakter kepemimpinan yang baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Suyanto, S.Sos., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Peran Operasional Manajer, Karakter Kepemimpinan Karyawan
Subjects: Manajemen > Manajemen Perusahaan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 12 Jul 2021 13:46
Last Modified: 12 Jul 2021 13:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42765

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum