PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ARITMATIKA SOSIAL BERBASIS KEISLAMAN UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH

Jaesyi Muhammad Hasan, NIM.: 15600004 (2020) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ARITMATIKA SOSIAL BERBASIS KEISLAMAN UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ARITMATIKA SOSIAL BERBASIS KEISLAMAN UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH)
15600004_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ARITMATIKA SOSIAL BERBASIS KEISLAMAN UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH)
15600004_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Siswa (LKS) matematika berbasis keislaman untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah siswa yang layak digunakan dalam pembelajaran matematika kelas VII pada materi pokok aritmatika sosial. Kelayakan LKS didasarkan pada tiga unsur meliputi validitas, praktibilitas, dan efektivitas. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang menggunakan model prosedural. Prosedur pengembangan yang digunakan adalah prosedur pengembangan menurut Depdiknas yang diadaptasi dari Borg dan Gall yang meliputi lima langkah utama. Langkah tersebut yaitu: (1) melakukan analisis produk yang akan dikembangkan; (2) mengembangkan produk awal; (3) validasi ahli dan revisi; (4) uji coba lapangan skala kecil dan revisi produk; (5) uji coba lapangan skala besar dan produk akhir. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII C MTs Negeri 9 Bantul tahun ajaran 2019/2020. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar pedoman wawancara, lembar penilaian LKS, lembar soal post-test, dan lembar angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS aritmatika sosial berbasis keislaman telah memenuhi kriteria ketercapaian yang meliputi valid, efektif dan praktis. Valid berdasarkan penilaian ahli yang menunjukkan bahwa LKS aritmatika sosial berbasis keislaman termasuk dalam kategori baik dengan persentase keidealan 92,85%. Efektif berdasarkan hasil post-test, LKS aritmatika sosial berbasis keislaman dikatakan efektif karena berhasil memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah pada materi aritmatika sosial. Hal ini dilihat dari 76,6% dari banyaknya siswa yang mengikuti post-test memperoleh nilai lebih besar atau sama dengan Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) pada kompetensi aritmatika sosial. Praktis berdasarkan respon siswa terhadap LKS aritmatika sosial berbasis keislaman diperoleh respon positif dengan persentase 63,80%. Jadi, LKS aritmatika sosial berbasis keislaman untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah siswa layak digunakan dalam pembelajaran matematika kelas VII di Madrasah Tsanawiyah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Hj. Khurul Wardati, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Aritmatika Sosial, Pendidikan Matematika
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Heru Pasuko Rini
Date Deposited: 14 Jul 2021 15:34
Last Modified: 14 Jul 2021 15:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42780

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum