GERAKAN BURUH DALAM PENINGKATAN KESEJAHTERAAN (Studi Kasus Serikat Buruh Konstruksi Indonesia, Playen, Gunung kidul, Yogyakarta)

Muhammad Husain Maulana, NIM. 13250073 (2020) GERAKAN BURUH DALAM PENINGKATAN KESEJAHTERAAN (Studi Kasus Serikat Buruh Konstruksi Indonesia, Playen, Gunung kidul, Yogyakarta). Skripsi thesis, FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI.

[img]
Preview
Text (GERAKAN BURUH DALAM PENINGKATAN KESEJAHTERAAN (Studi Kasus Serikat Buruh Konstruksi Indonesia, Playen, Gunung kidul, Yogyakarta))
13250073_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (GERAKAN BURUH DALAM PENINGKATAN KESEJAHTERAAN (Studi Kasus Serikat Buruh Konstruksi Indonesia, Playen, Gunung kidul, Yogyakarta))
13250073_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Gerakan buruh mampu ditinjau dari motif ketidakpastian dan mobilisasi sumber daya yang mendasari rangkaian kegiatannya. Ketidakpastian karena situasi serba tidak menguntungkan yang menimpanya sehingga membuatnya bergerak. Lalu mobilisasi sumber daya karena menyadari potensi yang dimiliki untuk mengoptimalkan pergerakannya tersebut. Gerakan buruh tersebut ditujukan untuk peningkatan kesejahteraan dari sekian persoalan yang dihadapi. Dalam hal ini, peneliti menemukan temuan yang menarik pada studi kasus pergerakan yang dilakukan oleh Serikat Buruh Konstruksi Indonesia (SBKI) Gunung Kidul Yogyakarta. SBKI merupakan organisasi serikat buruh pekerja bangunan atau kuli yang melakukan rangkaian gerakan aksi atau demonstrasi, gerakan pendidikan, dan gerakan jejaring untuk mewujudkan tujuan-tujuan tertentu seperti peningkatan kesejahteraan dari kondisi sebelum berorganisasi dan sebelum melakukan pergerakan yang cenderung memiliki banyak persoalannya. Peneliti tertarik untuk meninjau bagaimana peningkatan kesejahteraan dari pergerakan yang dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gerakan buruh SBKI dalam usaha peningkatan kesejahteraannya tersebut. Responden dalam penelitian ini adalah pengurus dan anggota SBKI. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknis purpossive sampling, metode yang memilih sampel berdasarkan fungsi dan tujuan tertentu. Sampel yang dipilih tersebut adalah Tujuh orang pengurus SBKI dan Tiga Anggotanya yang terdaftar aktif dan telah tergabung selama minimal 2 tahun. Analisis data yang dilakukan adalah pendekatan kualitatif dengan analisi deskriptif. Hal ini dilakukan dengan wawancara untuk mengumpulkan informasi dan menghubungkannya dengan teori kesejahteraan menurut James Midgley yang peneliti gunakan. Hasil dari penelitian ini adalah terjadi peningkatan kesejahteraan dalam hal mengelola masalah sosial, pemenuhan kebutuhan hidup, dan peluang sosial yang terbuka luas oleh SBKI daripada kondisinya sebelum berorganisasi dan melakukan pergerakan. Hal tersebut dapat dilihat pada pengaturan masalah sosial yang mampu dihadapi dengan lebih baik karena peran organisasi dan pergerakannya, kemudian pemenuhan kebutuhan hidup yang lebih terjamin karena nilai tawar organisasi dan pergerakannya, dan peluang sosial yang semakin terbuka luas karena organisasi dan gerakannya terbekali dengan aksi-aksi, pendidikan, dan jejaringnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Asep Jahidin, S.Ag., M.Si
Uncontrolled Keywords: Gerakan Buruh, Kesejahteraan, SBKI
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 13 Jul 2021 13:16
Last Modified: 13 Jul 2021 13:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42786

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum