KONSTRUKSI PEMBERITAAN HASIL KEPUTUSAN IJTIMA IV TENTANG NKRI SYARIAH DI REPUBLIKA.CO.ID EDISI AGUSTUS 2019

Umi Mungajubah, NIM. 15210085 (2020) KONSTRUKSI PEMBERITAAN HASIL KEPUTUSAN IJTIMA IV TENTANG NKRI SYARIAH DI REPUBLIKA.CO.ID EDISI AGUSTUS 2019. Skripsi thesis, FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI.

[img]
Preview
Text (KONSTRUKSI PEMBERITAAN HASIL KEPUTUSAN IJTIMA IV TENTANG NKRI SYARIAH DI REPUBLIKA.CO.ID EDISI AGUSTUS 2019)
15210085_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (KONSTRUKSI PEMBERITAAN HASIL KEPUTUSAN IJTIMA IV TENTANG NKRI SYARIAH DI REPUBLIKA.CO.ID EDISI AGUSTUS 2019)
15210085_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

GNPF-ulama sebagai pendukung Prabowo, melahirkan kembali ijtima ulama yang ketiga dan keempat kalinya dengan tujuan mengajukan gugatan melalui mekanisme legal terkait tudingan adanya kecurangan pada menangnya Jokowi-Ma‟ruf di Pilpres 2019. Dari sekian banyaknya hasil keputusan pada ijtima tersebut, terdapat satu rekomendasi yang menarik perhatian media, yaitu penggunaan istilah NKRI syariah. Media tidak menampilkan Isu NKRI syariah ini sebagai upaya taat kepada Allah dengan tetap menjadi bangsa Indonesia yang berdasarkan Pancasila sebagaimana yang telah disampaikan oleh salah salah satu pihak penyelenggara. Melainkan menampilkan sebagai upaya untuk menjadikan syariah sebagai dasar negara di Indoensia. Secara tidak langsung hal ini menunjukan bahwa media menggiring opini bahwa NKRI syariah ini bertujuan untuk mengubah Indonesia menjadi negara Islam. Kenyataan ini menyadarkan kita betapa subjektifnya media. Republika.co.id merupakan salah satu media yang turut memberitakan isu NKRI syariah. Maka dari itu penulis tertarik untuk mengakaji bagaimana konstruksi pemberitaan isu NKRI syariah di Republika.co.id. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif menggunakan paradigma konstruktivisme dengan pendekatan framing Robert N. Entman yang analisisnya dijelaskan secara deskriptif. Subjek penelitian ini ialah portal berita Republika.co.id, sedangkan objek penelitian adalah konstruksi pemberitaan isu NKRI Syariah sebanyak 8 teks berita pada kolom politik pada kurun waktu 6 hingga 14 Agustus 2019. Teknik pengumpulan data penelitian ini mengggunakan teknik dokumentasi berita. Hasil dari penelitian ini adalah Republika.co.id mengkonstruksi isu NKRI syariah ini merupakan permasalah ideologi sebagai bingkai utama. Sebagaimana yang digambarkan pada Define Problems persoalan isu NKRI syariah disorot sebagai ancaman ideologi. Diagnosa Causes apa yang menjadi penyebab masalah pada isu ini yaitu karena rekomendasi NKRI syariah bertentangan dengan Pancasila. Pada Make Moral Judgements Republika.co.id lebih menekankan pada pernyataan bahwa Indonesia bukan negara agama. Treatment Recommendation yang Republika.co.id ajukan sebagai bentuk penekana penyelesaian masalah pada isu ini berupa menolak rekomendasi mewujudkan NKRI syariah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Khoiro Ummatin, S.Ag., M.Si
Uncontrolled Keywords: Konstruksi, Framing, Realitas.
Subjects: Komunikasi Budaya
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 14 Jul 2021 10:59
Last Modified: 14 Jul 2021 10:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42804

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum