PENINGKATAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM - BASED LEARNING PADA MATERI POKOK FOTOSINTESIS

YULI SETYOWATI - NIM. 05450021, (2010) PENINGKATAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM - BASED LEARNING PADA MATERI POKOK FOTOSINTESIS. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENINGKATAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM - BASED LEARNING PADA MATERI POKOK FOTOSINTESIS)
BAB I,V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENINGKATAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM - BASED LEARNING PADA MATERI POKOK FOTOSINTESIS)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (325kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi dan hasil belajar siswa, serta mengetahui tanggapan siswa dalam proses pembelajaran Biologi dengan model pembelajaran Problem-Based Learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di kelas VIII A SMP Muhammadiyah 3 Depok tahun ajaran 2009/2010 pada materi pokok fotisintesis. Data yang dikumpulkan berupa data partisipasi siswa dalam kerja kelompok, data hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Problem-Based Learning dan data tanggapan siswa terhadap model pembelajaran Problem-Based Learning. Data partisipasi diperoleh melalui hasil observasi, hasil belajar siswa diperoleh dari nilai hasil pre-test dan post-test siswa, dan tanggapan siswa yang diperoleh melalui angket yang diberikan pada akhir siklus II. Hasil observasi partisipasi dianalisis dengan analisis deskriptif teknik persentase, hasil belajar siswa dianalisis dengan effect size, dan tanggapan siswa dianalisis dengan analisis deskriptif teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipasi dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Peningkatan partisipasi dapat dilihat dari masing-masing aspek partisipasi yang meliputi aspek memberi ide atau pendapat sebesar 13,88%, menerima pendapat orang lain sebesar 36,11%, melaksanakan tugas yang diberikan kelompok sebesar 8,33%, kerjasama dalam kelompok sebesar 30,55%, dan aspek yang terakhir adalah kepedulian terhadap kesulitan sesama anggota kelompok sebesar 22,23%. Peningkatan hasil belajar siswa ditunjukkan dengan adanya nilai effect size sebesar 0,86. Tanggapan siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Problem-Based Learning adalah positif, sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Problem-Based Learning dapat membuat siswa lebih tertarik untuk belajar Biologi khususnya pada materi pokok fotosintesis di kelas VIII A SMP Muhammadiyah 3 Depok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Suhardi, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model, Problem-Based Learning, Partisipasi, Hasil Belajar
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 07 Sep 2012 16:15
Last Modified: 01 Mar 2016 11:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4281

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum