PERAN PEMERINTAH DESA SAMBIREJO DALAM PENGELOLAAN OBJEK WISATA TEBING BREKSI DAN DAMPAK BAGI MASYARAKAT SEKITAR

Ocki Amritsani, NIM. : 15230036 (2020) PERAN PEMERINTAH DESA SAMBIREJO DALAM PENGELOLAAN OBJEK WISATA TEBING BREKSI DAN DAMPAK BAGI MASYARAKAT SEKITAR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN PEMERINTAH DESA SAMBIREJO DALAM PENGELOLAAN OBJEK WISATA TEBING BREKSI DAN DAMPAK BAGI MASYARAKAT SEKITAR)
15230036_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PERAN PEMERINTAH DESA SAMBIREJO DALAM PENGELOLAAN OBJEK WISATA TEBING BREKSI DAN DAMPAK BAGI MASYARAKAT SEKITAR)
15230036_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian menjelaskan tentang peran pemerintah desa Sambirejo dalam pengelolaan objek wisata Tebing Breksi dan dampak sosial ekonomi terhadap masyarakat sekitar. Rumusan Masalah dalam penelitian ini, pertama, bagaimana peran pemerintah Desa Sambirejo dalam pengelolaan objek wisata Tebing Breksi, dan kedua, bagaimana dampak sosial ekonomi dengan adanya pengelolaan Tebing Breksi terhadap masyarakat sekitar. Metode penelitian yang digunakan ialah deskriptif kualitatif, dimana informan ditentukan dengan kriteria. Dalam metode pengumpulan data, peneliti menggunakan tiga cara, yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk metode analisi datanya peneliti menggunakan teknik triangulasi. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa pemerintah desa Sambirejo sangat berperan dalam pengelolaan objek wisata Tebing Breksi, dengan memfasilitasi dan membuat kebijakan seperti pembentukan BumDes, pengalihan fungsi tanah yang sebelumnya area tambang menjadi objek wisata, memperbaiki Infrastruktur, dan memfasilitasi pengelola dengan Dinas Priwisata Daerah Istimewa Yogyakarta serta Dinas Pariwisata Sleman serta bermitra dengan CSR PT. Telkom. Dari data primer yang diperoleh dari hasil observasi dan wawancara di lapangan, pengembangan objek wisata Tebing Breksi berdampak positif pada masyarakat secara sosial dan ekonomi. Secara sosial berdampak positif pada masyarakat menjadi lebih erat, munculnya rasa bangga, meningkatnya interaksi sosial dan meningkatnya kualitas hidup. Sedangkan dampak positif secara ekonomi: membuka lapangan pekerjaan baru, meningkatkan pendapatan masyarakat, mengentaskan kemiskinan, memperbaiki pendidikan, kepemilikan lokal karena pada dasarnya pengembangan breksi itu bedasarkan pengembangan pariwisata berbasis masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Hj. Sriharini, S.Ag., M.Si.
Uncontrolled Keywords: pariwisata; pengelolaan wisata; dampak wisata
Subjects: Pemberdayaan Masyarakat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 14 Jul 2021 13:05
Last Modified: 14 Jul 2021 19:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42813

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum