MENANAM KEBAIKAN MELALUI ZAKAT PRODUKTIF: Studi Kasus Program Pemberdayaan Ekonomi “Jogja Sejahtera” BAZNAS Kota Yogyakarta

Muhammad Azka Maulana, NIM: 15230045 (2020) MENANAM KEBAIKAN MELALUI ZAKAT PRODUKTIF: Studi Kasus Program Pemberdayaan Ekonomi “Jogja Sejahtera” BAZNAS Kota Yogyakarta. Skripsi thesis, FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI.

[img]
Preview
Text (MENANAM KEBAIKAN MELALUI ZAKAT PRODUKTIF: Studi Kasus Program Pemberdayaan Ekonomi “Jogja Sejahtera” BAZNAS Kota Yogyakarta)
15230045_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (MENANAM KEBAIKAN MELALUI ZAKAT PRODUKTIF: Studi Kasus Program Pemberdayaan Ekonomi “Jogja Sejahtera” BAZNAS Kota Yogyakarta)
15230045_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Filantropi keadilan sosial berbasis pendayagunaan dana zakat produktif menjadi salah satu inovasi dalam upaya penyejahteraan masyarakat. Tujuan pendayagunaan dana zakat ini diprioritaskan kepada masyarakat kurang mampu namun memiliki semangat kemandirian, keseriusan dan etos kerja yang kuat. Dalam rangka menyejahterakan umat dan mengalokasikan dana zakat secara produktif, dibutuhkan kebijakan yang mendukung pembangunan pilar ekonomi dan spiritualitas dalam masyarakat. Adanya program-program pendayagunaan dana zakat secara produktif mendobrak cara lama yang didominasi oleh filantropi berbasis karitas. Program Jogja Sejahtera yang dimotori oleh BAZNAS Kota Yogyakarta menghadirkan upaya baru untuk membangun kesejahteraan masyarakat dengan pemanfaatan dan pengelolaan yang efektif, efisien dan produktif. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi program pendayagunaan dana zakat, proses bisnis yang dilakukan oleh pemangku program agar sistematis dan tepat sasaran, juga hasil pelaksanaan program yang dapat diterima oleh mustahiq penerima program Jogja Sejahtera, muzakki, calon muzakki dan masyarakat luas. Penilitian ini menggunakan metode kualitatif berbasis studi di lapangan. Informan ini adalah pemangku program Jogja Sejahtera, amil program, dan mustahiq penerima program. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa BAZNAS Kota Yogyakarta berhasil menjalankan program Jogja Sejahtera mulai dari pemberian modal, pelaksanaan program, pendampingan, monitoring, dan pertanggung-jawaban. Dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat melalui pendayagunaan dana zakat secara produktif, BAZNAS Kota Yogyakarta membuat strategi yang dituangkan pada program Jogja Sejahtera. Pelaksanaan program Jogja Sejahtera telah sesuai dengan Undang-undang Nomor 23 Tahun 2011 tentang pengelolaan zakat yang mengatur pengelolaan zakat secara melembaga sesuai dengan syariat islam untuk meningkatkan daya guna dan hasil guna dana zakat. Sedangkan hasil yang dirasakan oleh mustahiq penerima program adalah adanya perubahan ekonomi, perubahan spiritual, dan perubahan sikap. Kata Kunci: Zakat Produktif, Kesejahteraan Masyarakat,

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Abdur Rozaki, S. Ag, M. Si
Uncontrolled Keywords: Zakat Produktif, Kesejahteraan Masyarakat, Kebijakan
Subjects: Kesejahteraan Masyarakat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 14 Jul 2021 13:17
Last Modified: 14 Jul 2021 13:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42815

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum