PERAN PANTI ASUHAN BINA SIWI DALAM PENINGKATAN EKONOMI DIFABEL DI JETIS, SENDANGSARI, PAJANGAN, BANTUL, D.I YOGYAKARTA

Muhamad Fuad, NIM 15230077 (2020) PERAN PANTI ASUHAN BINA SIWI DALAM PENINGKATAN EKONOMI DIFABEL DI JETIS, SENDANGSARI, PAJANGAN, BANTUL, D.I YOGYAKARTA. Skripsi thesis, FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI.

[img]
Preview
Text (PERAN PANTI ASUHAN BINA SIWI DALAM PENINGKATAN EKONOMI DIFABEL DI JETIS, SENDANGSARI, PAJANGAN, BANTUL, D.I YOGYAKARTA)
15230077_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PERAN PANTI ASUHAN BINA SIWI DALAM PENINGKATAN EKONOMI DIFABEL DI JETIS, SENDANGSARI, PAJANGAN, BANTUL, D.I YOGYAKARTA)
15230077_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Peningkatan ekonomi difabel merupakan upaya untuk membantu kaum difabel agar memiliki kemampuan dan kemandirian untuk mengatasi masalah yang berkaitan dengan kelangsungan hidupnya. Dimana masyarakat masih menganggap difabel dengan stigma negatif,akan tetapi difabel seiring berjalanya waktu difabel di Panti Asuhan Bina Siwi semakin disadari pentingnya Panti Bina Siwi melakukan pengembangan ekonomi difabel. dengan memberikan kegiatan pelatihan keterampilan, kesenian musik, beserta berbagai macam pendidikan. Panti Asuhan Bina Siwi telah berhasil melakukan pengembangan ekonomi terhadap kaum difabel berupa pengakuan dan simpatisan masyarakat, difabel semakin produktif, partisipasi aktif difabel, meningkatnya ekonomi setiap individu difabel. Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan Peran dan hasil dalam meningkatkan ekonomi difabel yang dilakukan oleh Panti Asuhan Bina Siwi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode penulisan dengan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data diakukan melalu metode wawancara, observasi,dan dokumentasi. Validasi data menggunakan teknik triangulasi dan analisis data dengan pengumpulan data dengan cara reduksi data, menyajikan data, dan penarikan kesimpulan. Teori yang dalam penelitian ini adalah teori peran dari Zubaedi , dan teori tentang peningkatan ekonomi dari Mubyarto. Hasil penelitian ini menunjukan terdapat tiga peran didalam meningkatkan ekonomi difabel, yaitu: Pertama peran pendamping sebagai motivator, kedua peran pendamping sebagai komunikator, ketiga peran pendamping sebagai fasilitator. Untuk langkah peningkatan ekonomi panti Asuhan memberikan beberapa macam pelatihan keterampilan yang mampu memandirikan anak sehingga anak memiliki pendapatan pribadi. Kemudian hasil dari peningkatan ekonomi difabel ada empat yaitu: pertama pengakuan dan simpatisan masyarakat, difabel menjadi produktif, partisipasi difabel yang tinggi, meningkatkan ekonomi setiap individu difabel.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Siti Aminah, S.Sos., M.Si.
Uncontrolled Keywords: peran, peningkatan ekonomi, difabel
Subjects: Kesejahteraan Masyarakat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 14 Jul 2021 13:29
Last Modified: 14 Jul 2021 13:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42816

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum