Strategi Pelayanan Prima Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shodaqoh Muhammadiyah (LAZISMU) Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2020

Muhammad Ibnu Izzami, NIM. 15240051 (2020) Strategi Pelayanan Prima Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shodaqoh Muhammadiyah (LAZISMU) Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2020. Skripsi thesis, FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI.

[img]
Preview
Text (Strategi Pelayanan Prima Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shodaqoh Muhammadiyah (LAZISMU) Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2020)
15240051_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (Strategi Pelayanan Prima Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shodaqoh Muhammadiyah (LAZISMU) Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2020)
15240051_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Pelayanan merupakan salah satu faktor dalam melihat bagaimana upaya pengelolaan itu dilakukan oleh lembaga yang terkait. Pelayanan menjadi faktor yang penting dalam upaya pengembangan dan kemajuan lembaga. Tingkat kepercayaan masyarakat menjadi unsur dalam menilai apakah lembaga memiliki pelayanan yang baik atau buruk. Dapat dilihat dan diamati bahwa setiap lembaga atau perusahaan berbentuk jasa mempunyai strategi tersendiri untuk memberikan pelayanan prima terhadap pemakai jasanya. Teori yang digunakan dalam penelitian adalah kualitas pelayanan (SERVICE) dalam melihat kondisi pelayanan prima, kemudian melihat aspek determinan dari pelayanan prima dengan menggunakan lima aspek (bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan empati). Kemudian peneliti juga menggunakan teori pengembangan kualitas pelayanan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari Pimpinan lembaga dan karyawan atau pengurus. Keabsahan data diperoleh dengan menggunakan teknik triangulasi data sumber, analisa data yang digunakan adalah teknik analisis data induktif dari Miles dan Huberman dengan langkah-langkah yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan pengambilan keputusan. Hasil penelitian menunjukkan strategi yang dilakukan oleh LAZISMU D.I.Yogyakarta dilakukan dengan baik. Strategi dalam meningkatkan pelayanan prima menggunakan antara lain dengan pengembangan kualitas sumber daya manusia dan “jualan” program dalam memberikan pelayanan prima. Strategi pengembangan kualitas sumber daya menjadi kunci untuk mempersiapkan sumber daya manusia yang professional serta memiliki kapasitas dalam memberikan pelayanan kepada muzzaki dan mustahik. Strategi “jualan” program bertujuan untuk dapat memenuhi kebutuhan para muzzaki dan mustahik, sehingga program-program LAZISMU D.I.Yogyakarta tepat sasaran. Kemudian, LAZISMU D.I.Yogyakarta juga sudah melakukan pelayanan prima dengan baik yang diindikasikan dari perolehan penghimpunan terbanyak lembaga amil zakat se DIY serta dengan mendapatkan prestasi audit eksternal dengan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Okrisal Eka Putra, Lc, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Strategi Pelayanan Prima, LAZISMU D.I.Yogyakarta, Kualitas Pelayanan, Faktor Determinan Pelayanan Prima
Subjects: Hukum Islam > Zakat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 14 Jul 2021 13:40
Last Modified: 14 Jul 2021 13:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42818

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum