KOTRUKSI TEKS DALAM PIDATO ABDUL FATAH AS-SISI DI TAHUN 2019 TENTANG KONFLIK TIMUR TENGAH (PENDEKATAN LINGUISTIK SISTEMIK FUNGSIONAL)

Abdu Rabbi Faqihuddin, NIM.: 18201010024 (2021) KOTRUKSI TEKS DALAM PIDATO ABDUL FATAH AS-SISI DI TAHUN 2019 TENTANG KONFLIK TIMUR TENGAH (PENDEKATAN LINGUISTIK SISTEMIK FUNGSIONAL). Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KOTRUKSI TEKS DALAM PIDATO ABDUL FATAH AS-SISI DI TAHUN 2019 TENTANG KONFLIK TIMUR TENGAH (PENDEKATAN LINGUISTIK SISTEMIK FUNGSIONAL))
18201010024_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (KOTRUKSI TEKS DALAM PIDATO ABDUL FATAH AS-SISI DI TAHUN 2019 TENTANG KONFLIK TIMUR TENGAH (PENDEKATAN LINGUISTIK SISTEMIK FUNGSIONAL))
18201010024_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini membahas tentang kontruksi pidato tentang konflik Timur Tengah oleh Abdul Fattah As-Sisi dalam teks-teks pidatonya, dengan melihat dari perspektif Linguistik Sistemik Fungsional. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi kontruksi bahasa yang dibangun oleh As-Sisi dalam pidatonya tentang konflik Timur Tengah, serta mendeskripsikan makna yang terdapat dalam pidato tersebut. Penelitian ini menggunakan dua metode, yaitu kualitatif deskriptif dan kuantitatif persentase dengan mengklasifikasikan data kedalam klausa-klausa dan dianalisis secara deskriptif dan pesrsentase untuk melihat dominasi dari setiap bagian. Hasil penelitian ini menunjukan adanya keseluruhan proses dari sistem transitivitas berdasarkan klausa yang telah di pilih untuk dianalisis dengan di sertai oleh sirkumstansi menggunakan tipikal peran yang berbeda-beda dan proses yang paling dominan adalah proses material dengan persentase 29 %, sedangkan sirkumstansi yang paling dominan adalah sirkumstansi dengan tipikal peran location. Selain itu, berdasarkan klausa yang telah dipilih dan dianalilis didapatkan bahwa tercakup seluruh jenis tematisasi dalam dimensi makna tekstual yaitu: tema topikal, tekstual, serta interpersonal. Berdasarkan ketiga tema tersebut ditemukan 7 (tujuh) variasi kombinasi tematisasi berupa, TTb>R, TB>R, TI>TTb>R, TI>TB>R, T>TTb>R T>TB>R, dan T>I>TTb>R. Adapun perangkaian informasi menggunakan struktur tematisasi T>TTb>R mendominasi dengan jumlah persentase sebanyak 51%. Berdasarkan sebaran tematisasi tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa secara urutan dari yang terpenting, dalam pidato As-Sisi tentang penyelesaian konflik di Timur Tengah, persoalan yang ditekankan adalah kehadiran subjek dalam persoalan konflik tersebut, baru kemudian informasi mengenai suasana dan keadaan yang melingkupi subjek. Sedangkan dominasi tema tekstual menunjukan seringnya penggunaan klausa kompleks dalam pidato oleh penutur.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Hisyam Zaini, MA.
Uncontrolled Keywords: konstruksi Teks, Konflik Timur Tengah, Pidato Abdul Fatah As-Sisi, LSF
Subjects: Bahasa Arab > Bahasa Arab Tatabahasa - Sejarah
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S2)
Depositing User: Asri Yuna Chasanawati
Date Deposited: 14 Jul 2021 15:30
Last Modified: 14 Jul 2021 15:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42821

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum