TINDAKAN ORANGTUA TERHADAP PERILAKU MENYIMPANG ANAK USIA SMA DI DUSUN LOSARI, SOLODIRAN, MANISRENGGO, KLATEN

MIFTAH NUR JANNAH, NIM 15250022 (2020) TINDAKAN ORANGTUA TERHADAP PERILAKU MENYIMPANG ANAK USIA SMA DI DUSUN LOSARI, SOLODIRAN, MANISRENGGO, KLATEN. Skripsi thesis, FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI.

[img]
Preview
Text (TINDAKAN ORANGTUA TERHADAP PERILAKU MENYIMPANG ANAK USIA SMA DI DUSUN LOSARI, SOLODIRAN, MANISRENGGO, KLATEN)
15250022_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (TINDAKAN ORANGTUA TERHADAP PERILAKU MENYIMPANG ANAK USIA SMA DI DUSUN LOSARI, SOLODIRAN, MANISRENGGO, KLATEN)
15250022_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Tanggung jawab yang dilakukan oleh orangtua terhadap anak merupakan salah satu kewajiban yang harus dipenuhi. Salah satu kewajiban orangtua yang wajib diberikan adalah perhatian dan kepedulian orangtua terhadap perilaku yang dilakukan oleh setiap anak, baik di lingkungan rumah maupun di lingkungan luar rumah. Dengan adanya perhatian dan kepedulian yang lebih diharapkan anak terhindar dari perilaku menyimpang yang mengarah pada kenakalan remaja seperti tawuran, membolos dan bermain game online secara berlebihan. Dalam penelitian ini akan menjelaskan tentang tanggung jawab orangtua sebagai bentuk kontrol sosial terhadap anak dan tindakan orangtua ketika anak melakukan perilaku menyimpang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tanggung jawab orangtua sebagai bentuk kontrol sosial orangtua terhadap anak dan mengetahui tindakan orangtua terhadap perilaku menyimpang pada anak usia SMA di Dusun Losari, Solodiran, Manisrenggo, Klaten. Penelitian ini menggunakan teori tanggung jawab orangtua serta penelitian lapangan dilakukan dengan metode pendekatan deskriptif kualitatif. Adapun subjek penelitian ini adalah dua keluarga yang berada di Dusun Losari, Solodiran, Manisrenggo, Klaten. Rumusan masalah yang diteliti adalah bagaimana tanggung jawab orangtua tersebut sebagai bentuk kontrol sosial terhadap anak dan tindakan seperti apa yang dilakukan oleh orangtua ketika anak melakukan perilaku menyimpang. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan memilih data yang diperlukan, penyajian data, dan penarikan kesimpulan sehingga dapat menjawab dari rumusan masalah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tanggung jawab dan tindakan orangtua yang diterapkan kepada anak antara keluarga pertama dan keluarga kedua sedikit berbeda yaitu penerapan dari tanggung jawab dan tindakan orangtua yang dilakukan oleh keluarga pertama lebih tegas dan maksimal daripada keluarga kedua. Tindakan yang dilakukan oleh orangtua yaitu tindakan preventif dan represif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Suisyanto, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Tindakan Orangtua, Perilaku Menyimpang Anak
Subjects: Permasalahan dan Layanan kepada Anak dan Remaja
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 14 Jul 2021 13:56
Last Modified: 14 Jul 2021 13:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42822

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum