PERAN NOTETAKER DALAM PROSES PEMBELAJARAN MAHASISWA TULI DI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

Indra Kurmala, NIM.: 13720054 (2020) PERAN NOTETAKER DALAM PROSES PEMBELAJARAN MAHASISWA TULI DI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN NOTETAKER DALAM PROSES PEMBELAJARAN MAHASISWA TULI DI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
13720054_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PERAN NOTETAKER DALAM PROSES PEMBELAJARAN MAHASISWA TULI DI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
13720054_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Dinamika pendidikan inklusi di Indonesia telah melahirkan berbagai perkembangan, salah satunya di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Sebagai kampus yang telah mendapatkan predikat kampus inklusi sejak 2011, UIN Sunan Kalijaga telah cukup berhasil memaksimalkan pelayanannya di dalam membantu civitas akademika difabel, salah satunya ialah melalui lembaga Pusat Layanan Difabel (PLD). Adanya PLD sebagai fasilitator yang berfokus pada penyediaan fasilitas bagi mahasiswa difabel baik fisik maupun non fisik hingga kini telah cukup berhasil dalam memaksimalkan pelayanannya bagi mahasiswa difabel tak terkecuali difabel Tuli. Hadirnya notetaker sebagai penerjemah sekaligus pendamping mahasiswa difabel Tuli dianggap mampu memaksimalkan proses pendidikan pengajaran di UIN Sunan Kalijaga. Karenanya penelitian ini hendak mengeksplorasi secara khusus apa saja dan bagaimana peran notetaker dalam proses pembelajaran Mahasiswa Tuli di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan teori peran Biddle dan Thomas, serta metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan peran yang dilakukan oleh notetaker dalam mendampingi perkuliahan mahasiswa Tuli melibatkan beberapa pihak yang penting dalam menegaskan keteraturan dan keefektifan peran mereka. Lebih lanjut, bahwa dalam peran yang terlaksana perilaku yang hadir selama interaksi sosial kedua pihak membawa ekpekstasi atas hadirnya peran notetaker bagi Tuli. Peran ini sendiri memiliki implikasi dalam memenuhi sebagian kebutuhan akademik bagi mahasiswa Tuli dalam sekup akses terhadap ilmu pengetahuan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Pembimbing: Dr. Astri Hanjarwati, S.Sos., M.A
Uncontrolled Keywords: Kampus inklusi; Pusat Layanan Difabel (PLD); relawan difabel
Subjects: DISABILITAS
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 15 Jul 2021 08:13
Last Modified: 15 Jul 2021 08:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42836

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum