EKSISTENSI MAJALAH SUARA MUHAMMADIYAH SEBAGAI MEDIA DAKWAH (Studi Analisis Majalah Suara Muhammadiyah Dilihat dari Karakteristik Majalah Dakwah)

ULFAH SHOLIHAT, NIM 16210023 (2020) EKSISTENSI MAJALAH SUARA MUHAMMADIYAH SEBAGAI MEDIA DAKWAH (Studi Analisis Majalah Suara Muhammadiyah Dilihat dari Karakteristik Majalah Dakwah). Skripsi thesis, FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI.

[img]
Preview
Text (EKSISTENSI MAJALAH SUARA MUHAMMADIYAH SEBAGAI MEDIA DAKWAH (Studi Analisis Majalah Suara Muhammadiyah Dilihat dari Karakteristik Majalah Dakwah))
16210023_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (16MB) | Preview
[img] Text (EKSISTENSI MAJALAH SUARA MUHAMMADIYAH SEBAGAI MEDIA DAKWAH (Studi Analisis Majalah Suara Muhammadiyah Dilihat dari Karakteristik Majalah Dakwah))
16210023_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Majalah merupakan media massa yang bisa menyampaikan pesan-pesan dakwah kepada khalayak luas. Namun tidak semua majalah bisa disebut sebagai majalah dakwah. Karena majalah dakwah memiliki karakteristik tersendiri pada pesan-pesan yang tertulis di dalamnya. Suara Muhammadiyahlah adalah salah satu majalah dakwah yang masih bertahan sampai saat ini dalam menyebarkan pesan dakwatul Islamiah kepada khalayak.Semua hal itu berujung pada eksistensi majalah Suara Muhammadiyah selama kurang lebih satu abad berdiri dengan berbagai problematika di dalamnya. Oleh karena itu, perlu adanya pembuktian akan keberadaan majalah Suara Muhammadiyah sebagai majalah dakwah yang dapat dinilai dari beberapa orang yang menanyakan majalah tersebut atau setidaknya merasa sangat butuh terhadap majalah Suara Muhammadiyah. Penelitian ini berfokus pada kajian karakteristik majalah dakwah, dalam hal ini yang akan diteliti yaitu rubrik majalah materi dakwah majalah Suara Muhammadiyah edisi ke 13-24 tahun 2019 dan respon pembaca majalah Suara Muhammadiyah. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif untuk menjelaskan hasil analisis pada materi dan respon pembaca majalah Suara Muhammadiyah. Hasil penelitian ini diantaranya pertama, bahwa dilihat dari karakteristik majalah dakwah, majalah Suara Muhammadiyah edisi 13-14 tahun 2019 ini cukup eksis karena dari 37 respon pembaca majalah lebih banyak yang membutuhkan penjelasan seputar materi dakwah untuk menjawab problematika sehari-harinya. Mayoritas para pembaca membutuhkan tanggapan seputar materi syariah ibadah dan sebagiannya membutuhkan tanggapan seputar materi akhlak dalam berkeluarga. Kedua, majalah Suara Muhammadiyah sesuai dengan karakteristik majalah dakwah, karena terdapat rubrik yang memuat pesan (materi) dakwah di dalamnya, yaitu materi dakwah Akidah terdapat pada rubrik Bina Akidah, materi dakwah Syariah terdapat pada rubrik Tanya Jawab Agama dan rubrik Hadits, dan terakhir materi dakwah Akhlak terdapat pada rubrik Bina Akhlak dan rubrik Sakinah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Saptoni, S.Ag., M.A
Uncontrolled Keywords: Eksistensi, Majalah, Karakteristik Majalah Dakwah
Subjects: Komunikasi Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 16 Jul 2021 10:04
Last Modified: 16 Jul 2021 10:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42858

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum