PENINGKATAN KERJASAMA DAN PRESTASI BELAJAR DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME MATERI PROTOZOA SISWA KELAS X A SEMESTER I SMA MUHAMMADIYAH 1 BANTUL

ZUMAR ANSORI - NIM. 05450029, (2010) PENINGKATAN KERJASAMA DAN PRESTASI BELAJAR DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME MATERI PROTOZOA SISWA KELAS X A SEMESTER I SMA MUHAMMADIYAH 1 BANTUL. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENINGKATAN KERJASAMA DAN PRESTASI BELAJAR DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME MATERI PROTOZOA SISWA KELAS X A SEMESTER I SMA MUHAMMADIYAH 1 BANTUL)
BAB I,V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (801kB) | Preview
[img] Text (PENINGKATAN KERJASAMA DAN PRESTASI BELAJAR DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME MATERI PROTOZOA SISWA KELAS X A SEMESTER I SMA MUHAMMADIYAH 1 BANTUL)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (142kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat kerjasama siswa dalam kelompok belajar di kelas dan juga masih rendahnya prestasi belajar siswa pada kelas X A SMA Muhammadiyah 1 Bantul. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kerjasama dan prestasi belajar pada proses pembelajaran biologi dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme di kelas X A semester I SMA Muhammadiyah 1 Bantul tahun ajaran 2009/2010. Desain penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan memberikan tindakan pada subyek penelitian dalam dua siklus pembelajaran. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X A semester I SMA Muhammadiyah 1 Bantul tahun ajaran 2009/2010. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi untuk menilai kerjasama siswa dan lembar soal pre-test dan post test untuk data prestasi belajar siswa. Analisis data untuk kemampuan bertanya siswa menggunakan analisis kualitatif deskriptif, data kualitatif dengan menghitung persentase siklus I dan siklus II. Sedangkan untuk data prestasi yang diperoleh dari hasil pre-test dan post-test siklus I dan II, dianalisis dengan menggunakan effect size, yaitu selisih antara rerata post- test siklus II dengan rerata post-test siklus I. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan konstruktivisme pada materi protozoa dapat meningkatkan kerjasama dan prestasi belajar siswa di SMA Muhammadiyah 1 Bantul. Peningkatan kerjasama siswa dapat dilihat dari meningkatnya jumlah siswa yang bekerjasama pada siklus II, dan semakin baik nilai dari masing-masing aspek yang meliputi: memberikan ide atau pendapat, menerima pendapat orang lain, melaksanakan tugas yang diberikan, sifat membantu sesama teman, dan kepedulian terhadap kesulitan sesama anggota kelompok. Peningkatan prestasi belajar siswa ditunjukkan dengan adanya nilai effect size 1,13.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Suhardi, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Konstruktivisme, kerjasama, prestasi belajar.
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 07 Sep 2012 16:11
Last Modified: 01 Mar 2016 11:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4286

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum