BIMBINGAN ISLAMI DALAM MENINGKATKAN SPIRITUAL QUOTIENT (SQ) PELAJAR DI SEKOLAH KECEMERLANGAN ISLAM TUAH YAYASAN AL-JENDERAMI SELANGOR MALAYSIA

Siti Triyuwanti, NIM. 16220015 (2020) BIMBINGAN ISLAMI DALAM MENINGKATKAN SPIRITUAL QUOTIENT (SQ) PELAJAR DI SEKOLAH KECEMERLANGAN ISLAM TUAH YAYASAN AL-JENDERAMI SELANGOR MALAYSIA. Skripsi thesis, FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI.

[img]
Preview
Text (BIMBINGAN ISLAMI DALAM MENINGKATKAN SPIRITUAL QUOTIENT (SQ) PELAJAR DI SEKOLAH KECEMERLANGAN ISLAM TUAH YAYASAN AL-JENDERAMI SELANGOR MALAYSIA)
16220015_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BIMBINGAN ISLAMI DALAM MENINGKATKAN SPIRITUAL QUOTIENT (SQ) PELAJAR DI SEKOLAH KECEMERLANGAN ISLAM TUAH YAYASAN AL-JENDERAMI SELANGOR MALAYSIA)
16220015_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Dalam penciptaannya yang sempurna, manusia memiliki beberapa kecerdasan yang mempunyai peran dalam menyelesaikan berbagai jenis persoalan kehidupan yaitu IQ, EQ, dan SQ. Tetapi, banyak masyarakat dan pendidikan hanya menuntut anak dari segi IQ sebagai fokus dan tujuan utama dalam upaya menghasilkan manusia yang berkualitas. Padahal, ilmu pengetahuan dan teknologi tidak mampu memberi tahu manusia tentang makna kehidupan untuk mendapatkan kebahagiaan yang sesungguhnya. Hal itu didapatkan dan dipelajari dari kesadaran atau kecerdasan spiritual (SQ). Banyak para ahli yang menyebutkan bahwa SQ merupakan kecerdasan tertinggi yang harus dimiliki manusia untuk mendapatkan kebahagiaan dunia dan akhirat. SQ yang diungkapkan tersebut ada relasinya dengan ajaran Islam. Sebagaimana yang telah kita ketahui, Islam merupakan agama yang menyeluruh, berlaku bagi seluruh manusia, di manapun dan kapanpun, yang ajarannya meliputi seluruh aspek kehidupan manusia dan lengkap mempelajari segala persoalan hidup dan bentuk penyelesaiannya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui, mendeskripsikan dan menganalisis tahapan bimbingan Islami dalam meningkatkan spiritual quotient (SQ) pelajar di Sekolah Kecemerlangan Islam (SKI) TUAH Yayasan Al-Jenderami Selangor Malaysia. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Metode penelitian yang dilakukan yaitu dengan pengamatan cedara langsung dan melakukan wawancara kepada subjek di SKI TUAH serta dilengkapi oleh dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa tahapan bimbingan Islami yang dilakukan di SKI TUAH Yayasan Al-Jenderami berhasil meningkatkan SQ pelajar, pelajar menjadi pribadi yang mendekati kaffah, baik dari segi ketauhidan yang mantap dengan pengamalan rukun Iman, peningkatan amalan ibadah sehari-hari dalam menjalankan rukun Islam, dan akhlak mahmudah sebagai bentuk dari Ikhsan. Adapun tahapan bimbingan yang dilakukan ada dua tahapan, yaitu 1) Tahapan awal, yaitu membangun hubungan, 2) Tahapan proses bimbingan yang terdiri dari tahap identifikasi masalah, tahap diagnosis, tahap belajar, tahap sadar serta tahap evaluasi dan tindak lanjut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Muhsin Kalida, S.Ag., MA., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Islami, Spiritual Quotient (SQ)
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 16 Jul 2021 10:42
Last Modified: 16 Jul 2021 10:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42866

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum