BIMBINGAN ISLAMI UNTUK MENCEGAH SINDROM GERIATRI PADA WARGA EMAS DI YAYASAN AL-JENDERAMI DENGKIL SELANGOR MALAYSIA

Isna Sholihaturrahmaniah, NIM : 16220022 (2020) BIMBINGAN ISLAMI UNTUK MENCEGAH SINDROM GERIATRI PADA WARGA EMAS DI YAYASAN AL-JENDERAMI DENGKIL SELANGOR MALAYSIA. Skripsi thesis, FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI.

[img]
Preview
Text (BIMBINGAN ISLAMI UNTUK MENCEGAH SINDROM GERIATRI PADA WARGA EMAS DI YAYASAN AL-JENDERAMI DENGKIL SELANGOR MALAYSIA)
16220022_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BIMBINGAN ISLAMI UNTUK MENCEGAH SINDROM GERIATRI PADA WARGA EMAS DI YAYASAN AL-JENDERAMI DENGKIL SELANGOR MALAYSIA)
16220022_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Setiap manusia akan mengalami fase kehidupan sebagai lansia. Fase ini ditandai dengan banyaknya hal yang berubah dari masa dewasa menuju lansia. Perubahan ini menimbulkan pengaruh pada kualitas kehidupan lansia sehingga perlu dilakukan pencegahan, salah satunya dengan bimbingan islami yang dilakukan di Yayasan Al-Jenderami Dengkil Selangor Malaysia. Bimbngan tersebut memiliki subjek para lansia yang mengalami beberapa gejala sindrom geriatri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui langkah-langkah bimbingan islami sebagai usaha pencegahan sindrom geriatri pada lansia atau warga emas di Yayasan Al-Jenderami Dengkil Selangor Malaysia. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang melibatkan satu orang pengasuh, dua orang pengurus warga emas dan tiga warga emas Yayasan Al-Jenderami sebagai subjek. Pemilihan subjek berdasarkan pada kriteria yang telah disusun penulis sesuai dengan kaidah purposive sampling. Objek penelitian ini adalah langkah-langkah pelaksanaan bimbingan islami yang dilakukan di Yayasan Al-Jenderami untuk mencegah sindrom geriatri. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dekskriptif kualitatif yaitu data yang telah terkumpul disusun dan diklarifikasikan sehingga dapat menjawab rumusan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa langkah-langkah bimbingan islami untuk mencegah sindrom geriatri pada warga emas di Yayasan Al-Jenderami meliputi empat langkah yaitu identifikasi masalah, diagnosa, prognosa dan evaluasi kegiatan bimbingan islami.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Muhsin Kalida, S.Ag., MA., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Islami, Sindrom Geriatri, Warga Emas.
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 16 Jul 2021 10:58
Last Modified: 16 Jul 2021 10:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42868

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum