BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENGATASI KECEMASAN PADA PENYANDANG DISABILITAS MENTAL EKS PSIKOTIK DI BALAI REHABILITASI SOSIAL BINA KARYA DAN LARAS YOGYAKARTA

Ainis Nur Masikhah, NIM 16220027 (2020) BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENGATASI KECEMASAN PADA PENYANDANG DISABILITAS MENTAL EKS PSIKOTIK DI BALAI REHABILITASI SOSIAL BINA KARYA DAN LARAS YOGYAKARTA. Other thesis, FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI.

[img]
Preview
Text (BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENGATASI KECEMASAN PADA PENYANDANG DISABILITAS MENTAL EKS PSIKOTIK DI BALAI REHABILITASI SOSIAL BINA KARYA DAN LARAS YOGYAKARTA)
16220027_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENGATASI KECEMASAN PADA PENYANDANG DISABILITAS MENTAL EKS PSIKOTIK DI BALAI REHABILITASI SOSIAL BINA KARYA DAN LARAS YOGYAKARTA)
16220027_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

keterbatasan fisik, intelektual, mental, dan sensorik dalam jangka waktu lama yang dalam berinteraksi dengan lingkungan dapat mengalami hambatan dan kesulitan untuk berpartisipasi secara penuh, sehingga mereka membutuhkan pendampingan agar mereka hidup secara wajar dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembimbing dalam mengimplementasikan tahapan bimbingan kelompok untuk mengatasi kecemasan pada penyandang disabilitas mental eks psikotik. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data yang dilakukan peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian dilakukan teknik trianggulasi data untuk mengetahui keabsahan data. Subjek dari penelitian ini adalah Pekerja Sosial, Pramubakti, Perawat serta Penyandang Disabilitas Mental Eks Psikotik. Sedangkan objek dari penelitian ini adalah pengalaman pembimbing dalam mengimplementasikan tahapan bimbingan kelompok untuk mengatasi kecemasan pada penyandang disabilitas mental eks psikotik di Balai Rehabilitasi Sosial Bina Karya Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengalaman pembimbing dalam mengimplemetasikan tahapan pembimbing ada 4 pelaksanaan yaitu pertama langkah awal, kedua pelaksanaan tahapan bimbingan kelompok yang terdiri dari tahap pembentukan, tahap peralihan, tahap kegiatan serta tahap pengahiran, ketiga evaluasi kegiatan dan yang keempat analisis tindak lanjut. Pembimbing mempunyai banyak pengalaman baik suka maupun dalam mengatasi pasien dan menangani pasien di Balai Rehabilitasi Sosial Bina Karya dan Laras Yogyakarta

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Drs. H. Abdullah, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok, Kecemasan, Penyandang Disabilitas Mental Eks Psikotik.
Subjects: DISABILITAS
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 16 Jul 2021 11:04
Last Modified: 16 Jul 2021 11:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42869

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum