PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BERBASIS PERTANIAN NATURAL FARMING : STUDI PADA KELOMPOK TANI RUKUN MAKMUR DESA SINGOSARI KEC. AMBAL KAB. KEBUMEN PROV. JAWA TENGAH

Hamry Oktia Prisada, NIM.: 15230020 (2021) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BERBASIS PERTANIAN NATURAL FARMING : STUDI PADA KELOMPOK TANI RUKUN MAKMUR DESA SINGOSARI KEC. AMBAL KAB. KEBUMEN PROV. JAWA TENGAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BERBASIS PERTANIAN NATURAL FARMING : STUDI PADA KELOMPOK TANI RUKUN MAKMUR DESA SINGOSARI KEC. AMBAL KAB. KEBUMEN PROV. JAWA TENGAH)
15230020_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BERBASIS PERTANIAN NATURAL FARMING : STUDI PADA KELOMPOK TANI RUKUN MAKMUR DESA SINGOSARI KEC. AMBAL KAB. KEBUMEN PROV. JAWA TENGAH)
15230020_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pemberdayaan petani yang dilakukan pada kelompok Tani Rukun Makmur merupakan program pembangunan. Tujuan pemberdayaan petani untuk meningkatkan kemampuan dan kemandirian petani. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tahapan pemberdayaan petani yang dilakukan pada kelompok Tani Rukun Makmur melalui pertanian organik Natural Farming dan mengetahui dampak pemberdayaan petani dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi melalui pertanian oerganik Natural Farming. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif diskriptif untuk menggambarkan dan menganalisa suatu keadaan pada objek penelitian. Bertujuan untuk menjawab rumusan masalah dalam penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi dalam mengumpulkan data. Kemudian validitas data menggunakan teknik triangulasi, serta analisis data melalui pengumpulan data. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan sebagai berikut: (1) Bagaimana tahapan pemberdayaan masyarakat melalui pertanian Natural Farming yaitu tahapan pemapatran masalah, penentuan tujuan, tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap evaluasi. (2) bagaimana dampak pemberdayaan petani dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi melalui pertanian Natural Farming yang meliputi minim terjadi kegagalan panen, produktivitas meningkat, harga gabah, dan pendapatan meningkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Suyanto, S.Sos, M. Si.
Uncontrolled Keywords: harga gabah; Natural Farming; kelompok tani
Subjects: Masyarakat Islam
Pemberdayaan Masyarakat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Anik Nur Azizah
Date Deposited: 19 Jul 2021 07:13
Last Modified: 19 Jul 2021 07:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42871

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum