DAMPAK TAWURAN REMAJA (STUDI KASUS:TAWURAN MALAM TAKBIR 1441 H ANTARA DESA KERTOMULYO DAN DESA GUYANGAN KABUPATEN PATI)

Moh Ainun Najib, NIM.: 15250076 (2021) DAMPAK TAWURAN REMAJA (STUDI KASUS:TAWURAN MALAM TAKBIR 1441 H ANTARA DESA KERTOMULYO DAN DESA GUYANGAN KABUPATEN PATI). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DAMPAK TAWURAN REMAJA (STUDI KASUS:TAWURAN MALAM TAKBIR 1441 H ANTARA DESA KERTOMULYO DAN DESA GUYANGAN KABUPATEN PATI))
15250076_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (DAMPAK TAWURAN REMAJA (STUDI KASUS:TAWURAN MALAM TAKBIR 1441 H ANTARA DESA KERTOMULYO DAN DESA GUYANGAN KABUPATEN PATI))
15250076_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kasus tawuran antara remaja Desa Kertomulyo dan Desa Guyangan di Kabupaten Pati pada malam takbir tahun 2019 silam mengiangi telinga masyarakat Kabupaten Pati lantaran dampaknya yang sangat fatal. Pada penelitian ini, akan dijelaskan faktor-faktor penyebab tawuran remaja tersebut serta dampak yang diterima oleh para pelaku, keluarga pelaku serta masyarakat Desa Guyangan dan Kertomulyo Kabupaten Pati. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian ini yaitu, Pemerintah Desa Guyangan dan Kertomulyo, Karang Taruna di kedua desa tersebut, kerabat atau tetangga dekat pelaku dan korban, serta para pemuda desa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penyebab utama terjadi tawuran remaja di Desa kertomulyo dan desa guyangan yaitu karena kesalahpahaman. Kemudian kenakalan para pelaku tersebut disebabkan oleh beberapa faktor yaitu, Pertama faktor internal dari diri mereka yang sedang menginjak usia remaja dengan masalah keterbatan kemampuan mengontrol emosi sert. Kedua, faktor pendidikan yang teralu ketat dari orang tua. Ketiga, faktor lingkungan teman seperemainan, faktor lingkungan kerja, dan faktor lingkungan sosial para pelaku yang kurang baik dan kurang produktif. Kemudian dampak akibat tawuran tersebut meliputi; Pertama, dampak yang dirasakan pelaku tawuran berupa dampak fisik, dampak psikis dan dampak hukum. Kemudian, dampak yang dirasakan keluarga berupa beban sosial dari masyarakat serta terganggunya keharomonisan dalam keluarga tersebut. Ketiga, dampak yang dirasakan masyarakat paska peristiwa tauwuran yaitu tekanan psikis berupa ketakutan akibat suasana mencekam paska terjadinya aksi tawuran. Selain itu masyarakat harus menanggung tercorengnya nama baik desa akibat viralnya peristiwa tersebut di kalangan masyarakat Kabupaten pati dan sekitarnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Andayani, SIP, MSW
Uncontrolled Keywords: tawuran remaja; pendidikan karakter; keluarga; predisposing
Subjects: Permasalahan dan Layanan kepada Anak dan Remaja
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Anik Nur Azizah
Date Deposited: 19 Jul 2021 07:26
Last Modified: 19 Jul 2021 07:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42872

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum