MEKANISME SURVIVAL PEKERJA SEKS DI TENGAH PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS KOMUNITAS JONGGRANG, PRAMBANAN, SLEMAN, YOGYAKARTA)

Siti Awanda Nurhalimah Sonjaya, NIM.: 15250014 (2021) MEKANISME SURVIVAL PEKERJA SEKS DI TENGAH PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS KOMUNITAS JONGGRANG, PRAMBANAN, SLEMAN, YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MEKANISME SURVIVAL PEKERJA SEKS DI TENGAH PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS KOMUNITAS JONGGRANG, PRAMBANAN, SLEMAN, YOGYAKARTA))
15250014_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (MEKANISME SURVIVAL PEKERJA SEKS DI TENGAH PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS KOMUNITAS JONGGRANG, PRAMBANAN, SLEMAN, YOGYAKARTA))
15250014_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Mekanisme survival merupakan cara bertahan hidup yang dilakukan seseorang dalam menghadapi kondisi sulit yang mendadak. Banyak sektor yang terdampak pandemi COVID-19, yang paling dirasakan masyarakat luas adalah dampak negatif di sektor ekonomi. Hal ini memaksa masyarakat memilih mekanisme survival untuk bertahan hidup di tengah pandemi, tak terkecuali mereka yang bekerja di bidang prostitusi. Pandemi COVID-19 membuat para pelaku prostitusi baik pelanggan maupun pekerja seks sulit untuk melakukan bisnisnya karena takut tertular virus COVID-19. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yakni mendeskripsikan mengenai mekanisme survival para pekerja seks di Komunitas Jonggrang dengan menggunakan teori mekanisme survival menurut James C. Scott. Adapun subjek dari penelitian sebanyak lima orang, yang terdiri dari Direktur Perkumpulan keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Cabang Sleman, ketua dan sekretaris Komunitas Jonggrang serta dua anggota Komunitas Jonggrang. Metode untuk menghimpun data di dalam penelitian menggunakan metode wawancara, observasi serta dokumentasi. Sedangkan untuk menganalis data-data yang telah dihimpun, kemudian dipilih mana yang penting serta diperlukan, selanjutnya data yang telah dipilih disajikan serta ditarik kesimpulannya agar mampu menjawab rumusan masalah. Pada penelitian ini memaparkan bahwa terdapat tiga cara yang dilakukan para pekerja seks dalam bertahan hidup di tengah pandemi COVID-19, yaitu: pertama, mengikat sabuk lebih kencang (menghemat pengeluaran untuk makan dengan memasak sendiri, mengatur pengeluaran dan memprioritaskan kebutuhan serta mengesampingkan keinginan). Kedua, melakukan pekerjaan-pekerjaan sampingan (berjualan makanan ringan dan sebagai penyedia jasa). Ketiga, meminta bantuan dari keluarga, sanak saudara, kerabat dan jaringan dari luar keluarga (meminta bantuan kepada teman, pelanggan dan jaringan dari luar keluarga seperti Lembaga PKBI dan Bank Simpan Pinjam).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Noorkamilah, S.Ag., M.Si
Uncontrolled Keywords: prostitusi; pandemi Covid-19; kesejahteraan sosial
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Masalah Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Anik Nur Azizah
Date Deposited: 19 Jul 2021 07:32
Last Modified: 19 Jul 2021 07:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42873

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum