PESAN MENJAGA LINGKUNGAN HIDUP MELALUI FILM DOKUMENTER (ANALISIS SEMIOTIK PADA FILM DOKUMENTER DIAM DAN DENGARKAN)

Annathiqotul Laduniyah, NIM.: 16210018 (2021) PESAN MENJAGA LINGKUNGAN HIDUP MELALUI FILM DOKUMENTER (ANALISIS SEMIOTIK PADA FILM DOKUMENTER DIAM DAN DENGARKAN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PESAN MENJAGA LINGKUNGAN HIDUP MELALUI FILM DOKUMENTER (ANALISIS SEMIOTIK PADA FILM DOKUMENTER DIAM DAN DENGARKAN))
16210018_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PESAN MENJAGA LINGKUNGAN HIDUP MELALUI FILM DOKUMENTER (ANALISIS SEMIOTIK PADA FILM DOKUMENTER DIAM DAN DENGARKAN))
16210018_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Krisis lingkungan mengancam kehidupan manusia terjadi dalam skala global maupun nasional. Sedangkan media menjadi bagian penting dalam penyampaian informasi sekaligus salah satu upaya memperbaiki permasalahan lingkungan. Film sebagai salah satu media komunikasi massa mampu menyampaikan pesan-pesan mengenai ideologi tertentu. Film dokumenter Diam dan Dengarkan menjadi salah satu film yang berfokus pada isu kesadaran lingkungan. Teori yang digunakan adalah tinjuan umum tentang film, teori moral dan etika lingkungan hidup serta pedoman kelestarian lingkungan menurut Imam Supardi. Analisis data yang digunakan adalah analisis semiotika milik Roland Barthes. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik dokumentasi sebagai metode pengumpulan data. Subjek penelitiannya adalah film dokumenter Diam dan Dengarkan, sedangkan objek penelitiannya adalah pesan menjaga lingkungan hidup. Hasil dari penelitian ini, ditemukan bahwa pesan yang terdapat dalam film dokumenter Diam dan Dengarkan cenderung pada pesan-pesan kepada setiap individu dalam perilaku gaya hidup yang lebih ramah lingkungan serta kesadaran akan perilaku tersebut. Film dokumenter Diam dan Dengarkan mempunyai pesan menjaga lingkungan hidup, yaitu; mengolah sampah, memanfaatkan barang bekas, tidak merusak hutan dan air sebagai sumber daya alam, mengganti penggunaan plastik, mengurangi emisi karbon melalui pola makan, serta mengubah pola hidup yang konsumerisme.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dra. Hj. Evi Septiani Tavip Hayati, M.Si
Uncontrolled Keywords: pencemaran lingkungan hidup; analisis film dokumenter; fenomena sosial
Subjects: Penyiaran Islam
Kesusastraan Arab > Semiotika
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Anik Nur Azizah
Date Deposited: 19 Jul 2021 09:35
Last Modified: 19 Jul 2021 09:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42875

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum