BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL PENYANDANG DISABILITAS MENTAL EKS PSIKOTIK DI BALAI REHABILITASI SOSIAL BINA KARYA DAN LARAS YOGYAKARTA

Rafi’ Nur Karima, NIM 16220032 (2020) BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL PENYANDANG DISABILITAS MENTAL EKS PSIKOTIK DI BALAI REHABILITASI SOSIAL BINA KARYA DAN LARAS YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL PENYANDANG DISABILITAS MENTAL EKS PSIKOTIK DI BALAI REHABILITASI SOSIAL BINA KARYA DAN LARAS YOGYAKARTA)
16220032_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL PENYANDANG DISABILITAS MENTAL EKS PSIKOTIK DI BALAI REHABILITASI SOSIAL BINA KARYA DAN LARAS YOGYAKARTA)
16220032_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena yang ada di Balai Rehabilitasi Sosial Bina Karya dan Laras Yogyakarta menunjukkan adanya beberapa klien masih mempunyai interaksi sosial yang rendah dalam komunikasi seperti kurangnya kerjasama dan kontak sosial yang terjadi. Dengan dilaksanakannya bimbingan kelompok bersama dengan yang berwenang diharapkan mampu untuk meningkatkan interaksi sosial klien tersebut. Penelitian ini menggunakan teknik triangulasi dengan memanfaatkan sesuatu yang lain seperti triangulasi sumber sebagai pengecekan atau pembanding terhadap data tersebut kemudian baru dilakukan analisis data berupa deskriptif kualitatif, yaitu dengan mengumpulkan data dan menggabungkannya menjadi sebuah kesimpulan. Subjek dalam penelitian ini adalah pekerja sosial atau instruktur, psikolog, dan lima klien penyandang disabilitas mental eks psikotik, dan untuk objeknya merupakan bentuk-bentuk bimbingan kelompok yang dilaksanakan oleh yang berwenang untuk membantu meningkatkan interaksi sosial klien. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan bimbingan kelompok yang dilakukan oleh instruktur, pekerja sosial ataupun psikolog dapat bermanfaat untuk membantu meningkatkan interaksi sosial penyandang disabilitas mental eks psikotik di Balai Rehabilitasi Sosial Bina Karya dan Laras Yogyakarta dengan melaksanakan bimbingan kelompok dalam dua bentuk, pertama diskusi kelompok yang dibagi dalam dua jenis yaitu: bimbingan sosial dan bimbingan rohani. Kedua kegiatan kelompok dengan jenis kegiatan berikut: menjahit, membuat telur asin, memasak, pertukangan, karaoke, dan membuat sapu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Rifa’i M.A
Uncontrolled Keywords: Bimbingan kelompok, interaksi sosial
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 16 Jul 2021 13:42
Last Modified: 16 Jul 2021 15:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42882

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum