KONSELING INDIVIDU DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PADA KORBAN BULLYING DI SMP N 1 PLERET BANTUL

Lia Kurnia Dewi, NIM 16220046 (2021) KONSELING INDIVIDU DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PADA KORBAN BULLYING DI SMP N 1 PLERET BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSELING INDIVIDU DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PADA KORBAN BULLYING DI SMP N 1 PLERET BANTUL)
16220046_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (KONSELING INDIVIDU DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PADA KORBAN BULLYING DI SMP N 1 PLERET BANTUL)
16220046_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Kepercayaan diri menjadi salah satu aspek kepribadian yang penting dalam kehidupan manusia khususnya korban bullying, tanpa adanya rasa percaya diri maka banyak masalah yang akan timbul pada diri siswa seperti tidak maunya bersosialisasi antar teman dan minder. Agar korban bullying dapat mengatasi permasalahnya, maka guru BK memberikan konseling individu untuk mengembalikan rasa percaya dirinya kembali. Fokus penelitian ini yaitu tahap-tahap konseling individu dalam meningkatkan kepercayaan diri pada korban bullying di SMP N 1 Pleret. Adapun pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian (field research). Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kualitatif, pengumpulan data yang dilakukan penulis menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian dilakukan dengan teknik triangulasi sumber untuk mengetahui keabsahan data yang didapatkan. Subjek dari penelitian ini adalah guru bimbingan dan konseling, wali kelas, dan siswa yang menjadi korban bullying. Sedangkan objek penelitian ini yaitu tahap-tahap konseling individu untuk meningkatkan kepercayaan diri pada korban bullying di SMP N 1 Pleret. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tahap-tahap konseling individu dalam meningkatkan kepercayaan diri korban bullying adalah (1) tahap awal: Membangun hubungan konseling (pembukaan, apersepsi pikiran, melakukan pendekatan dengan siswa, memperjelas dan mndefiniskan masalah, tidak ada kontrak konseling (2) tahap pertengahan : memfokuskan masalah yang dialami siswa dan mencari altenatif pemecahan masalah, dan (3) tahap akhir : Perubahan perilaku maupun emosi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Slamet, S. Ag, M.Si
Uncontrolled Keywords: Konseling Individu, Kepercayaan Diri, Korban Bullying
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 16 Jul 2021 13:50
Last Modified: 16 Jul 2021 15:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42886

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum