BIMBINGAN MENTAL SPIRITUAL UNTUK MEMBANGUN KESADARAN DIRI WARGA BINAAN BALAI REHABILITASI SOSIAL BINA KARYA DAN LARAS (BRSBKL) YOGYAKARTA

Tita Nurapipah, NIM 16220050 (2020) BIMBINGAN MENTAL SPIRITUAL UNTUK MEMBANGUN KESADARAN DIRI WARGA BINAAN BALAI REHABILITASI SOSIAL BINA KARYA DAN LARAS (BRSBKL) YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (BIMBINGAN MENTAL SPIRITUAL UNTUK MEMBANGUN KESADARAN DIRI WARGA BINAAN BALAI REHABILITASI SOSIAL BINA KARYA DAN LARAS (BRSBKL) YOGYAKARTA)
16220050_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BIMBINGAN MENTAL SPIRITUAL UNTUK MEMBANGUN KESADARAN DIRI WARGA BINAAN BALAI REHABILITASI SOSIAL BINA KARYA DAN LARAS (BRSBKL) YOGYAKARTA)
16220050_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Banyak hal yang mempengaruhi cara pandang psikologis seseorang dalam hal menghadapi masalah sosial. Salah satunya masalah gelandangan pengemis. Bila ditinjau lebih dalam dari permasalahan-permasalahan yang di hadapi manusia seperti gelandangan pengemis, hal ini merupakan masalah yang umum terjadi di masyarakat dan sebagian dari mereka ada yang masih bisa mengatasinya dan ada juga yang tidak mampu menghadapinya sehingga berdampak buruk pada mental dan kejiwaan seseorang. Gepeng atau gelandangan pengemis merupakan orang yang hidup dalam keadaan yang tidak sesuai dengan norma kehidupan yang layak dalam masyarakat setempat, oleh karena itu tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk membangun mental yang lebih baik serta membangun kesadaran diri warga binaan gepeng agar mempunyai progres dalam hidupnya, dan selaras dengan tuntunan agama. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif yaitu mengumpulkan data, menyusun, mengklarifikasi dan menganalisa. Penulis melakukan penelitian ini di Balai Rehabilitasi Sosial Bina Karya dan Laras Yogyakarta dengan subjek warga binaan gepeng, Peksos (pekerja sosial), instruktur bimbingan dan yang bersangkutan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa metode dalam bimbingan mental untuk membangun kesadaran diri warga binaan balai rehabilitasi sosial bina karya dan laras (BRSBKL) Yogyakarta adalah metode bil-hikmah, bil mauidhokhasanah, bil mujadilah, dan bil mauidzah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Nailul Falah, S.Ag, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Bimbingan mental spiritual, Kesadaran diri, Gepeng
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 16 Jul 2021 13:56
Last Modified: 16 Jul 2021 15:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42887

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum