DAMPAK STATUS MAHASISWA PEKERJA OJEK ONLINE TERHADAP RELASI SOSIAL KEAGAMAAN DI FAKULTAS USHULUDDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM UIN SUNAN KALIJAGA

Bayu Marzuki, NIM.: 12540043 (2020) DAMPAK STATUS MAHASISWA PEKERJA OJEK ONLINE TERHADAP RELASI SOSIAL KEAGAMAAN DI FAKULTAS USHULUDDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM UIN SUNAN KALIJAGA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DAMPAK STATUS MAHASISWA PEKERJA OJEK ONLINE TERHADAP RELASI SOSIAL KEAGAMAAN DI FAKULTAS USHULUDDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM UIN SUNAN KALIJAGA)
12540043_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (DAMPAK STATUS MAHASISWA PEKERJA OJEK ONLINE TERHADAP RELASI SOSIAL KEAGAMAAN DI FAKULTAS USHULUDDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM UIN SUNAN KALIJAGA)
12540043_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berjudul “Identitas Driver Ojek Online Mahasiswa Fakultas Ushuluddin” penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui identitas sosial driver ojek online mahasiswa Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam. Pada konteks aktivitas belajar, akan menemukan atau mendapati peserta didik yang kita kenal sebagai sebutan mahasiswa. Mereka dikenal dengan identitas sosial yang menjalankan peran sebagai peserta didik. Akan tetapi saat ini akan ditemukan mahasiswa dengan representasi dalam bentuk yang berbeda dari umumnya. Mereka dikenal dengan sebutan mahasiswa pekerja yaitu peserta didik yang melakukan aktivitas belajar secara bersamaan melakukan aktivitas bekerja. Dengan kehadiran aplikasi tranportasi online memberi peluang mereka terlibat di dalamnya. Dengan kenyataan itu, dengan terlibatnya mereka di dalam aktivitas bekerja, selanjutnya akan mengalami pergeseran identitas sosial sebagai mahasiswa, perihal itu yang kemudian menjadi titik tekan atau concern pada penelitian kali ini. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan sistimatika atau metode penelitian kualitatif untuk membantu penelitian. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan prosedur wawancara dan observasi. Selain itu, setelah ditemukan data dengan prosedur yang telah ditentukan, peneliti menggunakan karangka teori Henry Tajfel sebagai alat analisis data. Didasari dari hal itu, peneliti berusaha mengunggkapkan identitas sosial mahasiswa yang kuliah sambil bekerja sebagai driver ojek online. Dengan kerangka teori yang digunakan, ditemukan adanya pergeseran atau perubahan identitas sosial mahasiswa pekerja. Pergesaran itu terlihat dalam sisi peran atau fungsional. Meraka yang direpresentasikan sebagai mahasiwa pekerja akan menjalankan dua peran, di satu sisi sebagai peserta didik dan di sisi lain mereka harus menjadi atau menjalan peran sebagai driver ojol. Dengan demikian, mahasiswa pekerja akan menjalan dua peran dalam satu waktu, berbeda dengan mahasiswa lain yang hanya akan menjalan satu peran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Nurus Sa’adah, S. Psi., M.Si., Psi.
Uncontrolled Keywords: Identitas Sosial, Transportasi Online,Driver Ojek Online, Mahasiswa.
Subjects: Sosiologi Agama
Sosial, Relasi
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 16 Jul 2021 15:18
Last Modified: 16 Jul 2021 15:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42892

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum