EKSPLOITASI TUBUH PEREMPUAN DALAM IKLAN (Tinjauan Semiotika Berperspektif Gender dalam Iklan Sabun)

Tri Budi Arso, NIM.: 12540082 (2020) EKSPLOITASI TUBUH PEREMPUAN DALAM IKLAN (Tinjauan Semiotika Berperspektif Gender dalam Iklan Sabun). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EKSPLOITASI TUBUH PEREMPUAN DALAM IKLAN (Tinjauan Semiotika Berperspektif Gender dalam Iklan Sabun))
12540082_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (EKSPLOITASI TUBUH PEREMPUAN DALAM IKLAN (Tinjauan Semiotika Berperspektif Gender dalam Iklan Sabun))
12540082_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Banyak cara yang digunakan oleh pembuat iklan agar masyarakat tertarik terhadap iklan yang ditayangkannya, seperti pemanfaatan fenomena atau pun momen yang ada dalam interaksi masyarakat. Dewasa ini, iklan telah menjadi media yang ampuh dalam mempromosikan barang produksi, khususnya dalam sebuah masyarakat konsumsi. Lebih dari itu, iklan juga telah menjadi sarana reproduksi wacana sosial dan budaya dalam peradaban. Dalam media periklanan, eksploitasi tubuh perempuan memiliki nilai jual yang sangat tinggi. Perempuan dalam iklan ditampilkan secara menarik, berparas cantik, memiliki postur tubuh ideal dan anggun. Syarat tersebut menjadi tipe perempuan ideal bagi para pengiklan untuk dijadikan model iklan dalam produk yang ingin dipasarkan. Penelitian ini membahas dua permasalahan, yaitu; representasi perempuan dalam iklan sabun menurut tinjauan teori semiotika, dan konstruksi gender dalam iklan sabun. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis data literer atau kepustakaan, dengan metode pengumpulan data berupa dokumentasi yang digunakan untuk mengumpulkan data-data primer dan sekunder tentang substansi persoalan penelitian. Penelitian ini merupakan usaha ilmiah untuk mengetahui dan menggambarkan analisis model Rolan Barthes dalam produk iklan sabun, dengan jenis penelitian deskriptif. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui konstruksi gender dalam produk iklan tersebut. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa, pertama, perempuan dalam perspektif iklan sabun tersebut adalah perempuan yang memiliki daya tarik secara biologis yang direpresentasikan dengan penampilan dua perempuan yang menjadi model iklan tersebut, selain itu juga memiliki daya tarik perilaku yang lemah lembut direpresentasikan dalam scene saat meratakan busa. Kedua, konstruksi gender dalam iklan tersebut menggambarkan ketidakadilan gender yang melahirkan stereotipe bahwa perempuan yang cantik yaitu perempuan yang mempunyai badan langsing dan tinggi, rambut panjang, betis ramping, dan kulit putih. Perempuan juga mengalami bentuk kekerasan pornografi, posisi model perempuan dalam iklan, penggunaan pakaian yang memperlihatkan lekuk tubuh perempuan untuk menarik perhatian, teks yang berhubungan dengan seksualitas, dan adegan mandi yang memperlihatkan beberapa bagian tubuhnya, seperti leher, lengan, dada, punggung, paha, dan betis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Adib Sofia, S.S. M. Hum.
Uncontrolled Keywords: Tubuh Perempuan, Gender, Iklan Sabun, Eksploitasi Tubuh, Analisis Semiotik
Subjects: Gender
Sosiologi
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 16 Jul 2021 15:27
Last Modified: 16 Jul 2021 15:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42893

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum