BIMBINGAN AGAMA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI MENGHAFAL Al-QUR’AN PADA SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL-QUR’AN ANAK-ANAK NURUL ULUM BANTUL YOGYAKARTA

Zidna Ilma Nafia, NIM.: 16220066 (2021) BIMBINGAN AGAMA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI MENGHAFAL Al-QUR’AN PADA SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL-QUR’AN ANAK-ANAK NURUL ULUM BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (BIMBINGAN AGAMA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI MENGHAFAL Al-QUR’AN PADA SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL-QUR’AN ANAK-ANAK NURUL ULUM BANTUL YOGYAKARTA)
16220066_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BIMBINGAN AGAMA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI MENGHAFAL Al-QUR’AN PADA SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL-QUR’AN ANAK-ANAK NURUL ULUM BANTUL YOGYAKARTA)
16220066_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Menghafal Al-Qur‟an bukanlah sesuatu hal yang mudah, oleh karenanya harus mempunyai niat dan tekad yang kuat sehingga dalam proses menghafal Al-Qur‟an tidak terlalu berat dan menjadi beban. Diantara usia emas dalam menghafal adalah masa kanak-kanak, sedangkan pada masa kanak-kanak yang sangat erat dengan fase bermain mereka dituntut setiap harinya untuk menghafal. Oleh karena itu dalam proses menghafal Al-Qur‟an membutuhkan orang lain atau pembimbing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana metode bimbingan menghafal Al-Qur‟an yang dilakukan oleh pembimbing untuk membantu dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur‟an di Pondok Pesantren Anak-anak Nurul Ulum Bantul Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat kualitatif deskriptif. Subyek penelitian ini adalah pembimbing dan beberapa anak atau santri. Dalam pengumpulan data penulis menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah ustadzah, pengurus dan santri nurul ulum. Analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, deskripsi data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa metode pelaksanaan bimbingan menghafal Al-Qur‟an pada santri di PP Nurul Ulum Bantul menggunakan metode secara langsung dan tidak langsung. Secara langsung meliputi:setoran hafalan, setoran muroja‟ah, ujian hafalan dan menulis mushaf. Sedangkan secara tidak langsung meliputi: papan bimbingan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Irsyadunnas, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Bimbingan agama; motivasi; menghafal A-qur'an
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
al Qur'an > Tahfidz al Qur'an
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Anik Nur Azizah
Date Deposited: 23 Jul 2021 11:27
Last Modified: 23 Jul 2021 11:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42895

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum