PENANGANAN PERILAKU BERMASALAH PADA SISWA SEKOLAH DASAR BERBASIS AGAMA (STUDI KASUS DI SD QURROTA A’YUN YOGYAKARTA)

Nadhifatul Maizia Khusna, NIM.: 16250018 (2021) PENANGANAN PERILAKU BERMASALAH PADA SISWA SEKOLAH DASAR BERBASIS AGAMA (STUDI KASUS DI SD QURROTA A’YUN YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENANGANAN PERILAKU BERMASALAH PADA SISWA SEKOLAH DASAR BERBASIS AGAMA (STUDI KASUS DI SD QURROTA A’YUN YOGYAKARTA))
16250018_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PENANGANAN PERILAKU BERMASALAH PADA SISWA SEKOLAH DASAR BERBASIS AGAMA (STUDI KASUS DI SD QURROTA A’YUN YOGYAKARTA))
16250018_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Nadhifatul Maizia Khusna, 16250018, Penanganan Perilaku Bermasalah Pada Siswa Sekolah Dasar Berbasis Agama (Studi Kasus di SD Qurrota A’yun Yogyakarta). Skripsi Yogyakarta: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2021. Penelitian ini memfokuskan tentang Penanganan Perilaku Bermasalah pada siswa. Hal ini dilakukan mengingat bahwa fenomena yang terjadi akhir-akhir ini seperti perilaku bermasalah pada siswa Sekolah Dasar semakin menarik perhatian. Sebagian siswa yang belum dapat berkembang secara optimal, memungkinkan melakukan perilaku bermasalah di kelas maupun di sekolah. Apabila perilaku bermasalah di sekolah diabaikan begitu saja, maka dalam pembelajaran tidak kondusif. Jadi, adanya perilaku bermasalah siswa yang terjadi di sekolah, ada peran pekerja sosial yang dilakukan oleh guru di SD Qurrota A’yun Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskripsi kualitatif, dengan subjek penelitiannya adalah kepala sekolah, guru/ wali kelas, wali murid, serta siswa yang berperilaku masalah di sekolah, dan objek penelitian adalah fokus pada bentuk-bentuk perilaku bermasalah, faktor-faktor timbulnya perilaku bermasalah, dan tahapan penanganan perilaku bermasalah. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa terdapat berbagai bentuk-bentuk perilaku bermasalah siswa di SD Qurrota A’yun Yogyakarta, dengan adanya bentuk tersebut karena adanya faktor penyebab timbulnya perilaku bermasalah. Dengan perilaku bermasalah, maka terjadilah penanganan perilaku bermasalah siswa di SD Qurrota A’yun Yogyakarta, ada tahapan-tahapan yang dilakukan yaitu tahap identifikasi, tahap diagnosis, dan tahap treatment yang meliputi usaha rehabilitasi, usaha preventif, dan usaha developmental.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing Noorkamilah, S.Ag., M.Si
Uncontrolled Keywords: Perilaku bermasalah, Penanganan Perilaku Bermasalah, Perkembangan siswa
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: H. Latief, SIP
Date Deposited: 19 Jul 2021 06:49
Last Modified: 19 Jul 2021 06:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42910

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum