UPAYA PENINGKATAN KESEJAHTERAAN EKONOMI KELUARGA (Studi Kasus Home Industry Bakpia Pathuk di Kampung Sanggrahan, RW 05, Kelurahan Ngampilan, Kecamatan Ngampilan, Yogyakarta)

NURRIA KUSUMA RAHAYU, NIM.: 16250020 (2021) UPAYA PENINGKATAN KESEJAHTERAAN EKONOMI KELUARGA (Studi Kasus Home Industry Bakpia Pathuk di Kampung Sanggrahan, RW 05, Kelurahan Ngampilan, Kecamatan Ngampilan, Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA PENINGKATAN KESEJAHTERAAN EKONOMI KELUARGA (Studi Kasus Home Industry Bakpia Pathuk di Kampung Sanggrahan, RW 05, Kelurahan Ngampilan, Kecamatan Ngampilan, Yogyakarta))
16250020_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (UPAYA PENINGKATAN KESEJAHTERAAN EKONOMI KELUARGA (Studi Kasus Home Industry Bakpia Pathuk di Kampung Sanggrahan, RW 05, Kelurahan Ngampilan, Kecamatan Ngampilan, Yogyakarta))
16250020_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Berbagai macam usaha dilakukan oleh manusia dalam upaya mensejahterakan ekonomi keluarganya dengan menciptakan peluang usaha baru berskala industry rumah tangga termasuk usaha oleh-oleh khas Yogyakarta yaitu home industry bakpia pathuk. Didirikannya usaha home industry bakpia pathuk merupakan bentuk karya nyata yang dilakukan baik secara individu maupun kelompok untuk menciptakan lapangan kerja baru yang bisa membantu dalam pemenuhan kebutuhan hidup sehari-hari sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan ekonomi keluarga. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana upaya yang dilakukan oleh pemilik home industry bakpia pathuk dalam meningkatkan kesejahteraan keluarganya, dimana dalam melakukan usaha tersebut terdapat hambatan yang ada serta apa hasil yang didapat dengan mendirikan home industry bakpia pathuk. Peneliti juga ingin mengetahui bagaimana indikator kesejahteraan yang dilihat dari beberapa aspek kehidupan seperti dari aspek materi, fisik, mental dan spiritual. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Pengujian data peneliti menggunakan teknik triagulasi dan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yaitu upaya yang dilakukan oleh pemilik home industry bakpia pathuk dalam meningkatkan kesejahteraan keluarganya dengan cara memastikan modal yang ada untuk berjualan, melakukan inovasi produk agar tidak tertinggal di pasaran, meningkatkan managemen usaha, menentuka pemasaran produk agar konsumen dapat dengan mudah mendapatkan produk dan meningkatkan hubungan sosial. Dengan upaya yang dilakukan tersebut mendapatkan hasil sebagai mata pencaharian, membuka lowongan pekerjaan, memperbaiki tempat tinggal dan membantu meningkatkan pendidikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing Drs. Lathiful Khuluq, MA, BSW, Ph. D
Uncontrolled Keywords: Peningkatan Kesejahteraan, Ekonomi Keluarga, Bakpia Pathuk
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: H. Latief, SIP
Date Deposited: 19 Jul 2021 06:58
Last Modified: 19 Jul 2021 06:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42912

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum