INTERAKSI SOSIAL MELALUI HANDPHONE ANDROID TERHADAP KEBERFUNGSIAN SOSIAL LANJUT USIA DI DUSUN MUTIHAN WIROKERTEN BANGUNTAPAN BANTUL

Kurnia Ayu Ningsih, NIM.: 16250021 (2021) INTERAKSI SOSIAL MELALUI HANDPHONE ANDROID TERHADAP KEBERFUNGSIAN SOSIAL LANJUT USIA DI DUSUN MUTIHAN WIROKERTEN BANGUNTAPAN BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (INTERAKSI SOSIAL MELALUI HANDPHONE ANDROID TERHADAP KEBERFUNGSIAN SOSIAL LANJUT USIA DI DUSUN MUTIHAN WIROKERTEN BANGUNTAPAN BANTUL)
16250021_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (17MB) | Preview
[img] Text (INTERAKSI SOSIAL MELALUI HANDPHONE ANDROID TERHADAP KEBERFUNGSIAN SOSIAL LANJUT USIA DI DUSUN MUTIHAN WIROKERTEN BANGUNTAPAN BANTUL)
16250021_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Interaki sosial merupakan kebutuhan bagi semua kalangan dari anak-anak hingga orang lanjut usia sekalipun dan dapat dilakukan dengan cara berbagai macam salah satunya menggunakan media telekomunikasi yakni handphone android. Alat ini menjadikan kemudahan bagi seseorang untuk berkomunikasi, terlebih pada orang lanjut usia yang rentan terhadap fungsi sosial. Penelitian ini dilakukan guna mengetahui bagaimana orang lanjut usia dapat menggunakan hanphone android untuk berinteraksi sosial, sebagaimana orang lanjut usia terlihat aktif bersosial. Pada penelitian ini menggunkan teori interaksi sosial, yang membahas mengenai kontak sosial dan komunikasi orang lanjut usia dengan indikator orang lanjut usia dapat mengoperasikan handphone android. Selain itu menggunakan teori keberfungsian sosial lanjut usia sebagai uraian pembahasan mengenai keterkaitannya interaksi sosial lanjut usia melalui handphone android memiliki terhadap fungsi sosial . Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yakni tujuh orang yang terdiri dari empat orang lanjut usia sebagai narasumber dan tiga orang sebagai tringgunasi. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam uji validasi data menggunakan trianggulasi data. Adapun untuk analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa orang lanjut usia menggunakan handphone android sebagai media interaksi sosial dengan anak, teman, keluarga, dan saudara jauh. Interaksi sosial yang dijalin bermula dari adanya kontak sosial melalui story whatsapp dan berujung komunikasi yang dinamis. Bentuk interaksi sosial yang terjadi yakni Assosiatif (kerja sama) untuk bersilaturahmi. Dalam penggunaan handphone android lanjut usia memiliki hambatan tersendiri seperti dalam mengoperasikannya sehingga menjadikan interaksi sosial terputus. Dalam melakukan interaksinya melalui handphone andorid maka keberfungsingan sosial yang dialami oleh lansia yakni adanya hubungan harmoni sosial lanjut usia dengan teman, saudara dan keluarganya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing Siti Solechah, S.Sos.I., M.Si
Uncontrolled Keywords: interaksi sosial, orang lanjut usia, handphone android
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: H. Latief, SIP
Date Deposited: 19 Jul 2021 07:08
Last Modified: 19 Jul 2021 07:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42914

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum