EPISTEMOLOGI ISLAM: STUDI KOMPARATIF ISLAMISASI ILMU ISMAIL RAJI AL-FARUQI DAN INTEGRASI-INTERKONEKSI M. AMIN ABDULLAH

Syaiful Anwar, NIM.: 13510046 (2020) EPISTEMOLOGI ISLAM: STUDI KOMPARATIF ISLAMISASI ILMU ISMAIL RAJI AL-FARUQI DAN INTEGRASI-INTERKONEKSI M. AMIN ABDULLAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EPISTEMOLOGI ISLAM: STUDI KOMPARATIF ISLAMISASI ILMU ISMAIL RAJI AL-FARUQI DAN INTEGRASI-INTERKONEKSI M. AMIN ABDULLAH)
13510046_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (EPISTEMOLOGI ISLAM: STUDI KOMPARATIF ISLAMISASI ILMU ISMAIL RAJI AL-FARUQI DAN INTEGRASI-INTERKONEKSI M. AMIN ABDULLAH)
13510046_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Dikotomi keilmuan modern dan keilmuan Islam merupakan pembahasan yang belum usai diperbincangkan di kalangan intelektual muslim. Beberapa pemikir muslim seperti Ismail Raji al-Faruqi dan M. Amin Abdullah merespons dan berupaya menyelesaikan problem keilmuan yang dikotomis ini. Paradigma integrasi-interkoneksi yang ditawarkan Amin Abdullah mengandaikan terbukanya dialog antara ilmu-ilmu modern dan ilmu-ilmu Islam sehingga peluang dikotomi keilmuan tertutup rapat. Begitu juga Ismail Raji al-Faruqi yang mengupayakan penyatuan ilmu-ilmu modern dan ilmu-ilmu keislaman. Lalu, bagaimana struktur pemikiran Ismail Raji al-Faruqi tentang Islamisasi ilmu? Bagaimana struktur pemikiran Amin Abdullah tentang Integrasi-Interkoneksi? Dan bagaimana persamaan dan perbedaan antara pemikiran Amin Abdullah dan Ismail Raji alFaruqi? Penelitian ini adalah jenis penelitian pustaka. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan epistemologi. Ada dua sumber dalam penelitian ini; sumber primer diperoleh dari karya-karya Ismail Raji al-Faruqi dan M. Amin Abdullah. Sedangkan sumber sekunder diambil dari data pustaka yang berkaitan dengan objek material maupun formal dalam kajian ini. Adapun metode yang digunakan dalam analisis data ini adalah deskriptif, analitik, komparatif. Hasil penelitian ini menunjukkan ada persamaan dan perbedaan antara spirit pemikiran Ismail Raji al-Faruqi dan Amin Abdullah. Keduanya sama-sama memiliki spirit pemikiran dalam menjawab dikotomi keilmuan. Namun keduanya berbeda dalam penekanan yang harus dilakukan. Ismail Raji al-Faruqi dengan gagasan islamisasi ilmunya menekankan penguasaan terhadap keilmuan modern untuk kemudian diislamisasikan. Sedangkan Amin Abdullah dengan gagasan integrasi-interkoneksi menekankan penguasaan terhadap keilmuan umum (modern) dan keilmuan Islam. Sehingga masing-masing rumpun keilmuan sadar akan keterbatasan dan kekurangan yang dimiliki, untuk kemudian saling mengisi dan melengkapi satu sama lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Muhammad Fatkhan, S.Ag., M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Islamisasi Ilmu, Integrasi-Interkoneksi, Ismail Raji Al-Faruqi, M. Amin Abdullah
Subjects: Filsafat Islam
Islam dan Pemikiran
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Aqidah dan Filsafat Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 19 Jul 2021 10:15
Last Modified: 19 Jul 2021 10:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42920

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum