EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODEL KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS X IPS MAN 2 YOGYAKARTA

Dzurotun Ni’mah, NIM.: 13600047 (2020) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODEL KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS X IPS MAN 2 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODEL KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS X IPS MAN 2 YOGYAKARTA)
13600047_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODEL KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS X IPS MAN 2 YOGYAKARTA)
13600047_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe GI terhadap pemahaman konsep siswa kelas X IPS MAN 2 Yogyakarta dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment dengan desain Posttest-Only Control Group Design. Metode pengambilan sampel menggunakan metode Nonprobability Sampling dengan teknik Sampling Purposive. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS MAN 2 Yogyakarta tahun ajaran 2018/2019. Kelas X IPS 3 sebagai kelas eksperimen dan X IPS 2 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data menggunakan uji mann-whitney. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan bantuan software SPSS 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematika siswa memperoleh nilai signifikansi 0,386 dimana nilai lebih dari 0,05. Hal ini berarti hasil posttest kelas eksperimen tidak lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol terhadap kemampuan pemahaman konsep. Kesimpulannya adalah model pembelajaran kooperatif tipe GI tidak lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional terhadap pemahaman konsep siswa kelas X IPS MAN 2 Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Raekha Azka, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaraan Kooperatif, Group Investigation, Pemahaman Konsep.
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 19 Jul 2021 10:30
Last Modified: 19 Jul 2021 10:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42924

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum