TRADISI PEMBACAAN TIGA SURAT PILIHAN SEBELUM MEMULAI KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR (STUDI LIVING QUR’AN di MTs. AL-ULUM DESA DADAPAN KECAMATAN WAJAK KABUPATEN MALANG)

Khorid Iqbal Amalyn, NIM.: 13530116 (2020) TRADISI PEMBACAAN TIGA SURAT PILIHAN SEBELUM MEMULAI KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR (STUDI LIVING QUR’AN di MTs. AL-ULUM DESA DADAPAN KECAMATAN WAJAK KABUPATEN MALANG). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TRADISI PEMBACAAN TIGA SURAT PILIHAN SEBELUM MEMULAI KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR (STUDI LIVING QUR’AN di MTs. AL-ULUM DESA DADAPAN KECAMATAN WAJAK KABUPATEN MALANG))
13530116_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (TRADISI PEMBACAAN TIGA SURAT PILIHAN SEBELUM MEMULAI KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR (STUDI LIVING QUR’AN di MTs. AL-ULUM DESA DADAPAN KECAMATAN WAJAK KABUPATEN MALANG))
13530116_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pembacaan atas surat tertentu dalam al-Qur’an di suatu waktu oleh masyarakat muslim hadir bukan tanpa alasan. Aktor atau pelaku mesti memiliki landasan yang merujuk kepada kitab-kitab dalam memberikan suatu nasehat dan saran. Dalam praktiknya, banyak kita jumpai sekumpulan masyarakat secara bersama-sama membaca surat Yasin untuk mendo’akan seseorang yang telah meninggal dunia. Berbeda dengan yang terjadi di MTs. Al-Ulum Desa Dadapan, Kecamatan Wajak, Kabupaten Malang. Para siswa-siswi di sekolah tersebut membaca tiga surat pilihan sekaligus, salah satunya surat Yasin yang ditambah dengan surat al-Waqiah dan al-Mulk untuk membuka kegiatan belajar mengajar di sekolah. Dalam penelitian ini upaya pengumpulan data peneliti melalukan tiga teknik, yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti menganalisis data tersebut dengan analisis deskriptif dan analisis eksplanasi, serta memaknai tradisi tersebut dengan menggunakan teori antropologi interpretatif milik Clifford Geertz, dimana penulis tidak hanya mendeskripsikan apa yang terjadi di lapangan saja, melainkan penulis mencoba menginterpretasikan lebih dalam lagi mengenai tradisi tersebut. Praktik pembacaan tiga surat pilihan sebelum memulai kegiatan belajar mengajar di MTs. Al-Ulum adalah kreativitas dari Kepala Sekolah yang menyisipkan kegiatan ini diantara shalat dhuha dengan kegiatan belajar mengajar di sekolah. Jadi tradisi pembacaan tiga surat pilihan ini memiliki fungsi ganda: pertama sebagai penyempurna ritual shalat dhuha, kedua untuk membuka dan memulai kegiatan belajar mengajar di sekolah. Timbulnya fungsi ganda inilah yang penulis sebut sebagai hasil nyata dari kreativitas disini atau jika tidak berlebihan penulis menyebutnya sebagai kreativitas Qur’ani. Dalam tradisi ini juga terlihat dengan jelas hubungan antara realita kehidupan sosial masyarakat dengan al-Qur’an. Selain itu, makna tradisi ini ditinjau menggunakan teori antropologi interpretatif dapat disimpulkan bahwasannya yang menjadi simbol adalah ketiga surat pilihan yang dibaca dimana ketiga surat tersebut menjadi zikir dan do’a yang di dalamnya terkandung pengharapan akan terkabulnya faedah dan fadhilah dari membacanya. Makna ini telah melekat kuat di benak para pelakunya sehingga menimbulkan perasaan dan motivasi yang kuat, yang pada akhirnya mendorong mereka untuk selalu mengikuti dan membiasakan diri membaca ketiga surat pilihan tersebut. Akhirnya tradisi ini menjadi suatu realitas yang unik dalam kehidupan sehari-hari siswa-siswi MTs. Al-Ulum yang berbeda dengan kebudayaan sebelum memulai kegiatan belajar mengajar di tempat atau lembaga pendidikan yang lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Aida Hidayah, S.Th.I.,M.Hum
Uncontrolled Keywords: Al-Qur’an, Tradisi Pembacaan Tiga Surat Pilihan (Yasin, surat al-Waqiah dan surat Al-Mulk), MTs. Al-Ulum
Subjects: Islam dan Tradisi
al Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Alqur’an dan Tafsir (S1)
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 19 Jul 2021 10:59
Last Modified: 19 Jul 2021 10:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42927

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum