IMPLIKASI DAKWAH USTADZ HANAN ATTAKI TERHADAP KEBERAGAMAAN DI KALANGAN MAHASISWA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

Rizki Oktika, NIM.: 14520006 (2020) IMPLIKASI DAKWAH USTADZ HANAN ATTAKI TERHADAP KEBERAGAMAAN DI KALANGAN MAHASISWA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLIKASI DAKWAH USTADZ HANAN ATTAKI TERHADAP KEBERAGAMAAN DI KALANGAN MAHASISWA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
14520006_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (IMPLIKASI DAKWAH USTADZ HANAN ATTAKI TERHADAP KEBERAGAMAAN DI KALANGAN MAHASISWA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
14520006_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Skripsi ini dilatarbelakangi oleh adanya perubahan perilaku keberagamaan yang terjadi di kalangan mahasiswa UIN Sunan Kalijaga. Fenomena tersebut berkaitan dengan adanya pengaruh dari kajian dakwah Ust. Hanan Attaki. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah perubahan perilaku Keberagamaan yang terjadi di kalangan mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Berdasarkan latar belakang rumusan masalah yang digunakan untuk meneliti faktor-faktor yang memepengaruhi keberagamaan mahasiswa dan implikasi dakwah Ust. Hanan Attaki terhadap mahasiswa UIN Sunan Kalijaga. Tujuan penelitian yang dilakukan untuk mengetahui fenomena yang terjadi dalam acara dakwah Ust. Hanan Attaki dan implikasinya terhadap keberagamaan mahasiswa UIN Sunan Kalijaga. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan psikologis yang diidentifikasi dari pengaruh dakwah Ustadz Hanan Attaki terhadap aspek internal dan eksternal mahasiswa serta sudut pandang kematangan beragama Gordon W. Allport. untuk mengidentifikasi perubahan sikap dan perilaku beragama mahasiswa. Pengumpulan data dilakukan dengan purposive sampling yaitu mengambil beberapa sampel yang sesuai dengan tujuan penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara, analisis data serta validitas data meliputi uji validitas, perpanjang pengamatan, ketekunan penelitian dan triangulasi. Kemudian, penulis menarik kesimpulan dari hasil informasi yang relevan. Dari hasil penelitian, pengaruh dakwah Ustadz Hanan Attaki terhadap aspek internal mahasiswa diantaranya mampu mengendalikan emosi, meminimalkan perasaan iri, dengki, dan rasa sombong diri, yakin terhadap segala ketetapan Allah terhadap dirinya. Pengaruh terhadap aspek eksternal diantaranya mereka menghargai perbedaan pendapat, ikut serta kegiatan keagamaan dilingkungan masyarakat. Implikasi dakwah Ust. Hanan Attaki terhadap kematangan beragama mahasiswa ditunjukan dengan kemampuan diferensiasi yaitu membedakan antara baik dan buruk berdasarkan syariat Islam. Agama sebagai motivasi ditunjukan dengan kesabaran dalam menghadapi berbagai persoalan dalam perkuliahan dan kehidupan. Konsistensi moral ditunjukan dengan penerapan hukum Islam dalam kehidupan sehari-hari, sikap komprehensif ditunjukan dengan pemahaman agama yang rasional dan mendahulukan dialog ketika terjadi perbedaan pendapat. Pandangan hidup integral yang mana ditunjukan dengan semakin semangat untuk mendalami keilmuan islam. sikap heuristik ditunjukan dengan merasa kurang pengetahuan dan harus lebih memperdalam keilmuan untuk menjadi manusia yang bermanfaat bagi orang lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Dian Nur Anna, S.Ag., M.A
Uncontrolled Keywords: Keberagamaan, Mahasiswa, UIN Sunan Kalijaga, Dakwah, Ustadz Hanan Attaki
Subjects: DAKWAH ISLAM
Studi Agama Agama
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren > Kyai - Ustadz - Guru
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Studi Agama Agama (S1)
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 21 Jul 2021 09:04
Last Modified: 21 Jul 2021 09:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42929

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum