PENGARUH IDENTITAS KEAGAMAAN TERHADAP POLA ASOSIATIF MASYARAKAT URBAN (Studi Dusun Nologaten, Desa Catur Tunggal, Depok, Sleman, Yogyakarta Rt 01/ Rw 04)

Fathullah, NIM.: 14540008 (2020) PENGARUH IDENTITAS KEAGAMAAN TERHADAP POLA ASOSIATIF MASYARAKAT URBAN (Studi Dusun Nologaten, Desa Catur Tunggal, Depok, Sleman, Yogyakarta Rt 01/ Rw 04). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH IDENTITAS KEAGAMAAN TERHADAP POLA ASOSIATIF MASYARAKAT URBAN (Studi Dusun Nologaten, Desa Catur Tunggal, Depok, Sleman, Yogyakarta Rt 01/ Rw 04))
14540008_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH IDENTITAS KEAGAMAAN TERHADAP POLA ASOSIATIF MASYARAKAT URBAN (Studi Dusun Nologaten, Desa Catur Tunggal, Depok, Sleman, Yogyakarta Rt 01/ Rw 04))
14540008_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Di dalam kehidupan sosial sering terjadi tindakan disosiatif yang disebabkan oleh perbedaan agama, etnis, ideologi. Perbedaan agama kerap memicu pertikaian antar pemeluk agama dengan mengklaim bahwa agamanya yang benar. Selain itu, perbedaan etnis juga kerap memicu pertengkaran yang disebabkan oleh kefanatikan terhadap etnisnya masing-masing. Begitu juga perbedaan ideologi menjadi problem dalam masyarakat karena setiap ideologi saling klaim kebenaran. Namun di Nologaten RT 01 RW 04 mencoba untuk menepis perbedaan-perbedaan yang mengakibatkan adanya perkelahian antar individu dengan individu atau kelompok dengan kelompok dengan cara melakukan interaksi sosial aosiatif. . Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pola interaksi asosiatif masyarakat di Nologaten RT 01 RW 04, kemudian untuk mengetahui mengapa agama menjadi daya asosiatif masyarakat di daerah Nologaten RT 01 RW 04. Penelitian ini berupa penelitian kualitatif, menggunakan metode “deskriptifanalitik”. Sumber yang dipakai terdiri dari sumber primer dan sekunder. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi lapangan dan dokumentasi. Di dalam penelitian ini, menggunakan pendekatan sosiologis. penelitian ini menggunakan teorinya Gillin yakni proses sosial asosisiatif yg disebabkan oleh interaksi sosial. Adapun hasil dari penelitian ini: pertama, ditemukan bahwa di Nologaten RT 01 RW 04 terdapat kerjasama dengan warga dan saling menghormati terhadap perbedaan. Kedua, adanya tindakan akomodasi yang dilakukan oleh Pak Rw beserta kebijakan daerah dalam mengakomodasi kepentingan-kepentingan masyarakat urban. Ketiga, identitas keagamaan dapat mempengaruhi daya asosiatif masyarakat di daerah Nologaten RT 01 RW 04 yang berupa kesadaran keberagamaan. Keempat, pola kerjasama dan pola akomodasi memperkuat pola asosisiasi yang mengarah pada kemungkinan terjadinya asimilasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Munawar Ahmad, S.S, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Sosial, Pola Asosiatif, Identitas Keagamaan, Interaksi Masyarakat
Subjects: Sosiologi Agama
Organisasi Masyarakat
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 21 Jul 2021 09:10
Last Modified: 21 Jul 2021 09:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42939

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum