UPAYA GURU MENGEMBANGKAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN KALIGRAFI ARAB DI MADRASAH IBTIDAIYAH SULTAN AGUNG DEPOK SLEMAN

Siti Fatimah, NIM.: 16480002 (2020) UPAYA GURU MENGEMBANGKAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN KALIGRAFI ARAB DI MADRASAH IBTIDAIYAH SULTAN AGUNG DEPOK SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA GURU MENGEMBANGKAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN KALIGRAFI ARAB DI MADRASAH IBTIDAIYAH SULTAN AGUNG DEPOK SLEMAN)
16480002_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (UPAYA GURU MENGEMBANGKAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN KALIGRAFI ARAB DI MADRASAH IBTIDAIYAH SULTAN AGUNG DEPOK SLEMAN)
16480002_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini berkaitan dengan kreativitas yang harus dikembangkan untuk menjadi bangsa yang mampu bersaing dalam percaturan dunia global. Keunggulan yang kompetitif dapat diciptakan melalui insan-insan yang kreatif. Salah-satu upaya mengembangkan kreativitas dalam dunia pendidikan dapat dilakukan melalui pembelajaran kaligrafi Arab. Oleh karena itu permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana peran guru dalam mengembangkan kreativitas peserta didik melalui pembelajaran kaligrafi Arab di MI Sultan Agung Depok Sleman dan 2) Apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat dalam upaya pengembangan kreativitas peserta didik melalui pembelajaran kaligrafi Arab di MI Sultan Agung Depok Sleman. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif deskriptif dengan mengambil latar di MI Sultan Agung Depok Sleman. Penelitian kualiatif deskripif bertujuan untuk menggambarkan atau mendeskripsikan fenomena yang ada tanpa memberikan perlakuan atau manipulasi. Teknik pengambilan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Upaya yang dilakukan untuk mengembangkan kreativitas peserta didik melalui pembelajaran kaligrafi Arab di MI Sultan Agung Depok Sleman dilaksanakan dengan strategi pendekatan empat P. P1 yaitu pribadi (Person), dilakukan dengan a) melatih keterampilan berpikir lancar dengan membiasakan tanya jawab, b) melatih kemampuan memerinci ii objek melalui kegiatan menghias kaligrafi Arab, c) memberikan kesempatan peserta didik untuk menuangkan imajinasinya dalam karya, dan d) selalu mendampingi untuk memberikan saran dan masukan. P2 yaitu pendorong (Press), dilakukan dengan mendorong motivasi internal, membangun lingkungan kondusif, memberikan apresiasi atau pujian. P3 yaitu proses (Process), memberikan kebebasan peserta didik untuk berkarya. P4 yaitu produk (Product), karya baru dan unik dikomunikasikan dengan orang lain melalui pameran karya. 2) Faktor pendukung dalam upaya pengembangan kreativitas peserta didik melalui pembelajaran kaligrafi Arab di MI Sultan Agung Depok Sleman yaitu sarana dan prasarana yang memadai, minat peserta didik, lingkungan yang nyaman, tenaga pendidik yang ahli dibidangnya, dan adanya kerjasama madrasah dengan LKP Jogja Kaligrafi , sedangkan faktor penghambatnya yaitu waktu yang terbatas dan peserta didik yang suka bermain saat pembelajaran berlangsung. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi faktor penghambat tersebut yaitu dengan memberikan teguran dan melakukan penyesuaian materi yang disampaikan dengan waktu yang disediakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Nurul Huda, M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: kreativitas; Kaligrafi Arab
Subjects: Kaligrafi
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Anik Nur Azizah
Date Deposited: 23 Jul 2021 11:38
Last Modified: 23 Jul 2021 11:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42946

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum