EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS 5 PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SDN MOJORANGAGUNG

Aprilia Rachmadanti, NIM.: 16480004 (2020) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS 5 PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SDN MOJORANGAGUNG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS 5 PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SDN MOJORANGAGUNG)
16480004_BAB I_BAB V.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS 5 PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SDN MOJORANGAGUNG)
16480004_BAB II_BAB III_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika antara peserta didik yang menggunakan model pembelajaran snowball throwing dengan peserta didik yang menggunakan pembelajaran konvensional, serta untuk mengetahui seberapa efektif model pembelajaran snowball throwing dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas 5 pada mata pelajaran matematika. Jenis penelitian menggunakan quasi eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalen Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas 5 SDN Mojorangagung yang berjumlah 49 peserta didik. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh yaitu seluruh populasi dijadikan sampel. Instrumen yang digunakan adalah tes untuk mengukur hasil belajar peserta didik yaitu berupa tes essay sebanyak 10 item pre-test dan 10 item post-test. Teknik analisis yang digunakan adalah statistik parametrik berupa uji independent sample t-test. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan terdapat perbedaan hasil belajar matematika peserta didik yang menggunakan model pembelajaran snowball throwing dibandingkan dengan pembelajaran konvensional, hal tersebut dibuktikan dengan uji t diperoleh nilai Sig. 0,000 yang artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga terdapat perbedaan hasil belajar matematika kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Selanjutnya penggunaan model pembelajaran snowball throwing efektif untuk meningkatkan hasil belajar matematika, dibuktikan dengan xi hasil uji Efektivitas yang diperoleh adalah Sig. (2-tailed) 0,000 yang artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Dapat disimpulkan bahwa model snowball throwing efektif terhadap hasil belajar matematika peserta didik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Mohamad Agung Rokhimawan, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran; snowball throwing; pembelajaran matematika
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Anik Nur Azizah
Date Deposited: 23 Jul 2021 11:41
Last Modified: 23 Jul 2021 11:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42947

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum