Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Ahlussunnah Wal-Jama’ah-Nu Dalam Pembentukan Akhlak Siswa Di SMK Diponegoro Depok Yogyakarta

Usman, - Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Ahlussunnah Wal-Jama’ah-Nu Dalam Pembentukan Akhlak Siswa Di SMK Diponegoro Depok Yogyakarta. Project Report. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Ahlussunnah Wal-Jama’ah-Nu Dalam Pembentukan Akhlak Siswa Di SMK Diponegoro Depok Yogyakarta)
Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Ahlussunnah Wal-Jama’ah-NU Dalam Pembentu.pdf - Published Version

Download (968kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Surat Pernyataan)
surat-surat-pernyataan1626825603.pdf - Published Version

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text (HAKI_Implementasi Nilai-nilai Pendidikan Ahlussunah Waljama'ah NU dalam Pembentukan Akhlak Siswa di SMK Diponegoro Depok Yogyakarta)
sertifikat_EC00202046447_Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Ahlussunnah Wal-Jama’ah-Nu Dalam Pembentukan Akhlak Siswa Di SMK Diponegoro Depok Yogyakarta.pdf - Accepted Version

Download (765kB) | Preview

Abstract

SMK Diponegoro merupakan sekolah menengah kejuruan yang unggul, terampil, agamis, mandiri dan berakhlakulkarimah, dan mencetak tenaga kerja yang berkualitas dengan perpaduan kurikulum nasional berbasis kompetensi dan kurikulum agama. SMK Diponegoro Depok mempunyai ciri khusus sebagai SMK unggulan berbasis pesantren yang mengedepankan nilai-nilai Agama dan karakter bangsa. Untuk mengimplementasi nilai-nilai pendidikan Agama maka dilakukan sebuah gagasan yang sudah disusun dengan begitu cermat seperti tuntunan nilai nilai pendidikan ahlussunnah wal-Jama’ah-NU dalam pembentukan akhlak siswa di SMK Diponegoro Depok Yogyakarta. Naskah ini merupakan hasil penelitian lapangan dengan jenis penelitian kualitatif. Adapun subyek penelitiannya ialah guru Aswaja dan siswa SMK Diponegoro Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik uji keabsahan yang digunakan adalah teknik pemeriksaan triangulasi data. Analisis data dilakukan melalui empat tahap yaitu: klarifikasi data, reduksi data, interprestasi data dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian ini yaitu: Pertama, konsep dasar nilai pendidikan ahlussunnah wal-Jama’ah-NU dalam pembentukan akhlak di SMK Diponegoro Depok Yogyakarta: mabadi khoira ummah sebagai konsep awal untuk membentuk umat terbaik dan konsep ukhuwah nahdliyah sebagai langkah selanjutnya untuk menanamkan karakter khas NU. Ke-dua, nilai-nilai pendidikan ahlussunnah wal-Jama’ah-NU yang ditetapkan dalam pembentukan akhlak siswa di SMK Diponegoro Depok; nilai tasamuh (toleransi), tawasuth (moderat), i’tidal (adil), amar ma’ruf nahi munkar dan tawazun (seimbang). Ke-tiga, cara implementasi ahlussunnah wal-Jama’ah-NU di SMK Diponegoro Depok Yogyakarta dengan metode pemahaman, metode pembiasaan, dan metode keteladanan. Ke-empat hasil dari implementasi nilai-nilai pendidikan ahlussunnah wal-Jama’ah-NU dalam pembentukan akhlak siswa di SMK Diponegoro Depok Yogyakarta: siswa pemahaman dengan nilai ahlussunnah wal-Jama’ah-NU, siswa terbiasa dengan nilai ahlussunah wal-Jama’ah-NU, dan siswa bisa meneladani nilai ahlussunnah wal-Jama’ah-NU

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Nilai-nilai, Pendidikan ahlussunnah wal-Jama’ah, NU, Akhlak.
Subjects: Akhlak - Etika
Pendidikan
Divisions: Penelitian
Depositing User: Dra. Khusnul Khotimah, SS, M.IP -
Date Deposited: 21 Jul 2021 07:09
Last Modified: 03 May 2023 05:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42973

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum