PENGARUH METODE LEARNING START WITH A QUESTION TERHADAP KEAKTIFAN BERTANYA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK PESERTA DIDIK KELAS V MI MA’ARIF NGADIHARJO BOROBUDUR

Mali Khatul Khabibah, NIM.: 16480051 (2020) PENGARUH METODE LEARNING START WITH A QUESTION TERHADAP KEAKTIFAN BERTANYA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK PESERTA DIDIK KELAS V MI MA’ARIF NGADIHARJO BOROBUDUR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH METODE LEARNING START WITH A QUESTION TERHADAP KEAKTIFAN BERTANYA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK PESERTA DIDIK KELAS V MI MA’ARIF NGADIHARJO BOROBUDUR)
16480051_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH METODE LEARNING START WITH A QUESTION TERHADAP KEAKTIFAN BERTANYA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK PESERTA DIDIK KELAS V MI MA’ARIF NGADIHARJO BOROBUDUR)
16480051_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Salah satu prinsip pembelajaran yang disebutkan dalam Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 adalah peserta didik aktif mencari tahu, salah satu caranya adalah dengan aktif bertanya. Keaktifan bertanya memiliki peranan penting bagi peserta didik, salah satunya peserta didik dapat menggali lebih banyak informasi dan pengetahuan. Namun kenyataannya masih banyak peserta didik yang tidak aktif bertanya dalam pembelajaran karena malu, takut salah, dan tidak tahu apa yang ingin mereka tanyakan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh metode learning start with a question terhadap keaktifan bertanya dalam pembelajaran tematik peserta didik kelas V MI Ma’arif Ngadiharjo Borobudur. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi eksperimen dengan desain penelitian one group pretest posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V yang berjumlah 20 anak. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah nonprobability sampling, yakni teknik sampling jenuh. Teknik sampling jenuh ini adalah teknik penentuan sampel dengan semua anggota populasi dijadikan sampel penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket keaktifan bertanya dan observasi yang sebelumnya telah melalui tahap validasi dengan beberapa ahli. Data penelitian yang telah terkumpul selanjutnya dilakukan uji prasayarat yang meliputi uji normalitas dan homogenitas. Uji prasayarat dilakukan guna menentukan teknik analisis data yang akan digunakan. Jika kedua uji prasyarat terpenuhi, maka teknik analisis data dapat dilakukan dengan statistik parametrik. Akan tetapi jika salah satu dari uji prasyarat tidak terpenuhi maka teknik analisis data dilakukan dengan statistik nonparametrik. Karena data yang terkumpul dalam penelitian ini memenuhi kedua uji prasyarat, maka teknik analisis data yang digunakan adalah statistik parametrik yaitu uji t paired sample T-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode learning start with a question berpengaruh terhadap keaktifan bertanya peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji t paired sample t-test dengan nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05. Sehingga H0 ditolak dan H

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Fitri Yuliawati, M.Pd.Si.
Uncontrolled Keywords: Metode Learning Start, Kognitif Siswa, PembelajaranTematik
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan berbasis kompetensi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Anik Nur Azizah
Date Deposited: 23 Jul 2021 13:20
Last Modified: 23 Jul 2021 13:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42979

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum