STRATEGI PEDAGANG KREATIF LAPANGAN DALAM MEMULIHKAN PEREKONOMIAN AKIBAT GUNCANGAN PANDEMI COVID-19 DI PASAR WATES

ALIFAH RACHMADITYA, NIM.: 17102030049 (2021) STRATEGI PEDAGANG KREATIF LAPANGAN DALAM MEMULIHKAN PEREKONOMIAN AKIBAT GUNCANGAN PANDEMI COVID-19 DI PASAR WATES. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PEDAGANG KREATIF LAPANGAN DALAM MEMULIHKAN PEREKONOMIAN AKIBAT GUNCANGAN PANDEMI COVID-19 DI PASAR WATES)
17102030049_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PEDAGANG KREATIF LAPANGAN DALAM MEMULIHKAN PEREKONOMIAN AKIBAT GUNCANGAN PANDEMI COVID-19 DI PASAR WATES)
17102030049_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian yang berjudul “Strategi Pedagang Kreatif Lapangan Dalam Memulihkan Perekonomian Akibat Guncangan Pandemi Covid- 19 di Pasar Wates”, awal tahun 2020 dunia digemparkan dengan pandemi hebat yang banyak merenggut banyak nyawa, kehilangan pekerjaan secara paksa, bangkrutnya bisnis, serta menuntut manusia berdiam diri di rumah untuk menghindari tertularnya virus ini. Pandemi virus corona sebagai badai yang sempurna dalam memporakporandakan perekonomian Indonesia. Banyak kerugian yang ditimbulkan dari pandemi ini yang berdampak terhadap penghasilan pedagang kreatif lapangan, dimana pekerjaan mereka berbasis harian sehingga jika mereka tidak berjualan keluar rumah maka tidak ada penghasilan yang didapatkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemulihan ekonomi yang dilakukan pedagang kreatif lapangan Pasar Wates pada masa pandemi Covid-19, serta mendeskripsikan dampak yang dirasakan dari strategi pemulihan ekonomi terhadap pendapatan pedagang di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Untuk menggali informasi terkait rumusan masalah penelitian ini, peneliti menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Semua data yang terkumpul kemudian divalidasi menggunakan teknik triangulasi, kemudian data dianalisis melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan terakhir penarikan kesimpulan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dalam memulihkan perekonomian akibat guncangan pandemi Covid-19 yang diterapkan oleh pedagang kreatif lapangan di Pasar Wates yakni dengan cara (1) strategi produk seperti menjaga kualitas barang dagangan. (2) strategi harga seperti pedagang tidak menaikkan harga. (3) strategi tempat seperti memilih lokasi berjualan di Pasar Wates yang terletak dijantung kota. (4) strategi promosi seperti merambah promosi via media sosial. Dampak dari strategi yang pedagang lakukan selama masa pandemi hingga new normal, cukup membantu memulihkan roda perekonomian usaha mereka, meski pendapatannya belum pulih 100% seperti sediakala.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing Dr. Pajar Hatma Indra Jaya, S.Sos., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemulihan Ekonomi, Pedagang Kreatif Lapangan, Pandemi Covid-19
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: H. Latief, SIP
Date Deposited: 21 Jul 2021 13:43
Last Modified: 21 Jul 2021 13:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42988

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum