ANALISIS PELAKSANAAN ADMINISTRASI DAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SPS PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) SEJENIS MAWAR SELOMARTANI, KALASAN, SLEMAN, YOGYAKARTA

Dwi Safitri, NIM.: 16490018 (2020) ANALISIS PELAKSANAAN ADMINISTRASI DAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SPS PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) SEJENIS MAWAR SELOMARTANI, KALASAN, SLEMAN, YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img] Text (ANALISIS PELAKSANAAN ADMINISTRASI DAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SPS PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) SEJENIS MAWAR SELOMARTANI, KALASAN, SLEMAN, YOGYAKARTA)
16490018_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (ANALISIS PELAKSANAAN ADMINISTRASI DAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SPS PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) SEJENIS MAWAR SELOMARTANI, KALASAN, SLEMAN, YOGYAKARTA)
16490018_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena ketertarikan peneliti terhadap pengelolaan pendidikan di SPS Mawar Kalasan Sleman. Selama ini, pendidikan di SPS Mawar mengalami hambatan karena pengelolaan administrasi dan supervise belum sepenuhnya dilaksanakan sesuai prosedur dan ahlinya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pelaksanaan administrasi dan supervise kepala sekolah yang meliputi planning, organizing, actualizing, an controlling dalam upaya peningkatan mutu Pendidikan SPS Mawar Sleman disertai faktor pendukung dan penghambat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar di SPS Mawar Kalasan Sleman. Teknik Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan cara observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan cara mereduksi data, display data, dan menarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dengan cara Trianggulasi sumber dan Teknik serts mengkombinasikan dengan teori. Hasil penelitian menunjukkan Supervisi akademik sudah dilaksanakan sesuai dengan perencaan. Dari supervisi yang dilaksanakan diperoleh beberapa temuan yang bisa dijadikan bahan untuk evaluasi. Selalu melakukan evaluasi : mengagendakan rapat setiap hari libur bersama pendidik dan wali murid serta mengagendakan dan menciptakan inovasi-inovasi kreatif an menjalin kerjasama yang baik dengan seluruh pendidik, pengelola, wali murid, organisasi mitra, pemerintah dan stakeholder terkait. Misalnya mengagendakan belajar di tempat pengelola kue mirota kampus untuk menambah kreativtas peserta didik, pendidik, dan wali peserrta didik dalam menjalin silaturahmi. Prinsip-prinsip yang digunakan adalah: demokratis, ilmiah, kerja sama, terpusat pada guru, konstruktif, didasarkan atas kebutuhan guru, sebagai umpan balik dan profesional

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dra. Wiji Hidayati, M.Ag
Uncontrolled Keywords: supervisi pendidikan; SPS Mawar Selomartani; mutu pendidikan
Subjects: Pendidikan > Administrasi Sekolah (School Administration)
Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Anik Nur Azizah
Date Deposited: 24 Jul 2021 09:52
Last Modified: 24 Jul 2021 09:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42990

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum